Sukses

Spectacles Gagal, Pembesut Snapchat Rugi Rp 541 Juta

Sebuah laporan menyebutkan Snap Inc, pembesut Snapchat, merugi Rp 541 juta akibat penjualan kacamata pintarnya gagal di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya, Snap Inc terlalu "pede" dengan penjualan Spectacles. Laporan terbaru menyebutkan pembesut Snapchat ini mengalami kerugian besar, tepatnya sebesar US$ 40 juta atau sekitar Rp 541 juta. 

Kerugian ini terungkap dalam laporan kinerja keuangan Snap kuartal III 2017, sebagaimana dilansir Wareable dari Venture Beats, Selasa (14/11/2017). Laporan ini mencatat adanya kelebihan persediaan stok dan biaya lainnya senilai US$ 40 juta akibat gagalnya penjualan Spectacles. 

CEO Snap Inc, Evan Spiegel mengakui pihaknya telah membuat kesalahan strategi dengan memproduksi terlalu banyak unit Spectacles di tahap awal. 

"Kami saat itu sangat yakin dengan (penjualan) Spectacles dan penerimaan pasar di awal. Dan karena terlalu yakin, saya rasa kami telah membuat keputusan yang salah," ujar Spiegel.

Hal ini bermula dari ucapan Spiegel beberapa waktu lalu yang menyebutkan penjualan Spectacles telah melampaui penjualan iPod di tahun pertamanya. Dengan pencapaian ini, Spiegel memprediksi penjualannya bakal kembali sukses sehingga ia memutuskan untuk kembali memproduksi Spectacles dalam jumlah besar.

Sayang, prediksi Spiegel salah karena puluhan ribu unit Spectacles kini tak laku terjual dan mengakibatkan penumpukan di gudang yang memakan biaya hingga US$ 40 juta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacamata Snapchat Mulai Ditinggalkan Pengguna

Sebelumnya, laporan menyebutkan Spectacles hanya terjual sebanyak 150.000 unit. Menurut sumber, setengah dari total pengguna mulai berhenti menggunakan Spectacles. Mereka hanya memakainya selama empat minggu.

Kurangnya ketertarikan konsumen terhadap Spectacles ini menjadi bukti bahwa langkah Snap masuk ke bisnis perangkat keras itu dinilai tidak tepat. 

Perwakilan Snap Inc menolak untuk berkomentar terkait penjualan ini. Namun, Snap menyebutkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengembangkan pembaruan software Spectacles dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagaimana diketahui, Spectacles dirilis pada September 2016 dan dijual melalui vending machine dalam tiga varian warna. Spectacles dijual seharga US$ 130 atau sekitar Rp 1,7 juta.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.