Sukses

Distribusi Android Oreo Naik 0,3 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Distribusi OS Android Oreo (8.0) belum juga mencapai angka 1 persen. Berdasarkan data di situs web Developers Android, distribusinya baru mencapai 0,3 persen dari total perangkat Android.

Dilansir GSM Arena, Selasa (14/11/2017), jumlah distribusi Android Oreo naik dari 0,2 persen dibandingkan satu bulan lalu. Data terbaru mengenai distribusi Android dikumpulkan selama tujuh hari yang berakhir pada 9 November 2017.

Data ini sekaligus mengindikasikan belum begitu banyak konsumen yang menggunakan perangkat Nexus, Pixel, dan Sony.

Saat ini, Android Oreo memang belum begitu banyak digunakan mengingat perangkat yang kompatibel dengan OS tersebut juga masih terbatas.

OS Android Oreo sudah digunakan pada 0,3 persen perangkat Android (Foto: Ist)Perangkat Android saat ini masih didominasi OS versi 6.0 Marshmallow dengan distribusi sebanyak 30.9 persen. Posisi berikutnya ditempati Lollipop dengan 27,2 persen dan Nougat 20,6 persen.

Android Nougat terus mengalami pertumbuhan. Jumlah distribusinya pada Oktober lalu sebesar 17,8 persen, kini naik menjadi 20,6 persen.

Adapun posisi keempat dan kelima ditempati KitKat dengan 13,8 persen dan Jelly Bean 6,2 persen. Ice Cream Sandwich dan Gingerbread saat ini hanya 0,5 persen.

1 dari 2 halaman

Pertama Kali, Oreo Nongol di Daftar Distribusi Android

OS Android Oreo sudah digunakan pada 0,2 persen perangkat Android (Foto: Ist)OS Android Oreo perlahan tapi pasti mulai menunjukkan pamornya di daftar distribusi perangkat Android pada Oktober 2017.

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama sepekan dan berakhir pada 2 Oktober 2017, versi OS 8.0 Oreo digunakan 0,2 persen perangkat Android. Oleh karena itu, data Oreo bisa tampil di daftar distribusi Android di situs web developer Google.

Sebelumnya, Google tidak menyantumkan data Android Oreo karena jumlah distribusinya masih kurang dari 0,1 persen. Hal ini disebabkan belum begitu banyak perangkat mobile yang menggunakan OS tersebut.

Berdasarkan data satu bulan lalu, Marshmallow memimpin perangkat Android dengan 32 persen pangsa pasar. Posisi kedua ditempati Lollipop dengan 27,2 persen, diikuti Nougat yang berada di posisi berikutnya dengan 17,8 persen pangsa pasar.

Posisi empat dan lima besar ditempati oleh Android KitKat dengan 14,5 persen dan Jelly Bean dengan 6,6 persen. Adapun Android Ice Cream Sandwich dan Gingerbread memiliki masing-masing 0,6 persen pangsa pasar.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Harga Tiket Pesawat Jadi Alasan Inflasi Jakarta Melebihi Nasional
Artikel Selanjutnya
Harga Bawang Merah Kontribusi Terbesar Sumbang Deflasi Agustus