Sukses

Demi Bangun Kota Pintar, Bill Gates Gelontorkan Rp 1 Triliun

Liputan6.com, Arizona - Upaya Bill Gates memajukan teknologi di dunia terus berlanjut. Pendiri Microsoft tersebut diketahui baru saja menggelontorkan dana untuk pembangunan proyek kota pintar (smart city) di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat (AS).

Tak tanggung-tanggung, Gates bahkan mengeluarkan dana yang sangat besar, yakni US$ 80 juta atau setara dengan Rp 1 triliun. Menurut informasi yang dilansir Engadget pada Rabu (15/11/2017), proyek kota pintar tersebut akan dinamai "Belmont".

Kota akan mengambil lahan sebesar 10.000 hektar. Belmont bakal ditopang dengan infrastruktur terbaik, selain itu juga akan menghadirkan transportasi otonomos dan pusat data komunikasi paling canggih.

"Kota pintar Belmont akan membangun komunitas dengan infrastruktur dan komunikasi yang didukung teknologi terbaik. Kota ini juga dirancang dengan jaringan digital tinggi, pusat data terbesar, serta teknologi manufaktur, model distribusi dan transportasi otonomos terbaik," ujar pengembang Belmont dalam keterangan resminya.

Lahan pembangunan kota pintar ini sebetulnya sudah direncanakan sejak 1990an awal. Mulanya Belmont hanya akan mengambil lahan komersial sebesar 1.200 hektar, yang mana akan mengambil lahan untuk perkantoran, sekolah, dan perumahan.

Masih belum banyak yang bisa diungkap dari pembangunan Belmont, Bill Gates pun belum mengumumkan pendanaannya secara resmi. Yang pasti, kota pintar ini akan menjadi salah satu proyek utamanya dalam kontribusi untuk memajukan teknologi.

1 dari 2 halaman

Kontribusi Dana untuk Pendidikan

Tak cuma memajukan teknologi, Gates yang kini kekayaannya baru saja disalip CEO Amazon Jeff Bezos tersebut juga diketahui menggelontorkan dana lebih dari US$ 1,7 miliar (sekitar Rp 22,9 triliun) untuk memajukan bidang pendidikan.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, pendiri Microsoft itu menjanjikan dana lebih dari Rp 22,9 triliun untuk pendidikan di sekolah-sekolah umum.

Bersama dengan Bill and Melinda Gates Foundation, pria dermawan ini telah menginvestasikan lebih dari US$ 3,4 miliar untuk pendidikan umum di Amerika Serikat.

Bill Gates mengatakan, sekolah dan para guru harus berupaya agar program yang dilakukannya sukses. Untuk itu dia akan menggelontorkan sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan sumbangan Zuck ke Newark.

"Kami akan membebaskan siapa pun memberikan saran terkait pendekatan yang akan dinilai berhasil untuk pengajaran yang tepat," kata Bill Gates dalam pidatonya di Cleveland, Ohio, saat mengumumkan pendanaan tersebut.

Selama bertahun-tahun, Gates memang fokus berdonasi untuk memajukan pendidikan. Hal ini telah dilakukannya sejak 2010 bersama dengan sang istri Melinda Gates.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
BUMN Incar Laba Rp 250 Triliun di 2018
Artikel Selanjutnya
Bos Zara Sukses Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sedunia