Sukses

Samsung Galaxy Note 8 Siap Songsong Era Fotografi Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Tren fotografi memakai smartphone tak dimungkiri terus berkembang. Data dari Deloitte menyebutkan, sebanyak 90 persen foto yang dibagikan atau disimpan secara online di antaranya berasal dari smartphone.

Melihat tren tersebut, Samsung mulai fokus untuk meningkatkan kemampuan kamera smartphone. Untuk pertama kalinya, perusahaan asal Korea Selatan itu menyematkan lensa ganda pada kamera utamanya.

"Melihat tren tersebut, Galaxy Note 8 pun hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone. Ada dua lensa yang masing-masing sudah dibekali Optical Image Stabilization," tutur Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronic Indonesia saat Workshop Smartphone Photography di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Selain itu, kamera smartphone ini juga sudah dibekali dengan fitur Live Focus. Berbekal fitur ini, hasil tangkapan gambar dari Galaxy Note 8 dapat diatur titik fokusnya untuk menciptakan efek bokeh, bahkan dapat dilakukan setelah gambar diambil.

Pergeseran tren ini juga diakui oleh fotografer senior Oscar Motuloh. Terlebih, smartphone telah menjadi perangkat penting yang tak dapat dilepaskan dari kehidupan pengguna saat ini.

"Smartphone telah menjadi perangkat penting saat ini dan selalu dibawa pengguna. Jadi, saat menemukan momen-momen tertentu yang butuh kecepatan, smartphone dapat menjadi perangkat yang sangat pas," ujarnya menjelaskan.

Pendapat serupa juga dilontarkan oleh David Soong, fotografer sekaligus pendiri Axioo Photography. Ia mengatakan, fotografer profesional saat ini sudah tak dapat mengelak lagi dari tren fotografi smartphone.

1 dari 2 halaman

Dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis

Selain dibekali kemampuan kamera yang mumpuni, smartphone saat ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas teruji. Dua kemampuan itu, menurut David, juga sudah dipenuhi oleh Galaxy Note 8.

"Secara perlahan tapi memang belum 100 persen, penggunaan smartphone dengan kamera mumpuni juga kerap digunakan untuk kebutuhan bisnis. Karenanya, kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada," tuturnya.

Sekadar informasi, kamera utama Galaxy Note 8 sendiri memang sudah memiliki fitur Live Focus. Fitur ini mampu mengatur tingkat blur atau fokus di belakang objek seperti cara kerja kamera DSLR.

Smartphone ini juga bisa membidik dalam modus telephoto dan wide-angle dalam waktu yang sama. Kemampuan ini disebut Dual Capture.

Kamera Galaxy Note 8 juga dipersenjatai dual Optical Image Stabilization (OIS) dan dual lensa, yang mana kedua kamera tersebut akan secara aktif mengambil objek foto.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Galaxy S9 Bakal Punya RAM 4 GB?