Sukses

5 Tahun Malang Melintang, Candy Crush Diunduh 2,7 Miliar Kali

Liputan6.com, Stockholm - Dari banyaknya gim mobile yang bermunculan pada iOS dan Android, Candy Crush Saga mungkin menjadi salah satu judul gim yang sudah agak dilupakan. Padahal faktanya, gim besutan pengembang King tersebut kini masih dimainkan banyak orang.

Menurut informasi yang dilansir Mirror pada Rabu (15/11/2017), King mengungkap gim tersebut kini telah diunduh sebanyak 2,73 miliar kali di seluruh dunia. Selain itu, ada lebih dari 1,1 triliun ronde permainan yang telah dimainkan sejak dirilis lima tahun lalu.

Tak cuma itu, King juga melaporkan akun Facebook Candy Crush kini telah mengantongi 70 juta pengikut. Fakta lain yang cukup mengejutkan, ada lebih dari 350 triliun permen yang telah di-swipe semua pemain di seluruh dunia.

"Lima tahun terakhir telah menjadi waktu yang sangat menyenangkan dan menakjubkan bagi Candy Crush. Kami beruntung Candy Crush punya banyak fans yang loyal," ujar Sebastian Knutssen, Chief Creative Officer King.

Untuk merayakan lima tahun Candy Crush, pengembang yang berbasis di Stockholm, Swedia tersebut menggulirkan pembaruan besar-besaran, di mana salah satunya menawarkan booster terkuat bernama "birthdaylicious" untuk para pemain.

Diketahui, pencapaian angka unduhan sebanyak 2,73 miliar ini cukup menakjubkan dibandingkan angka unduhan gim mobile yang sama, seperti Angry Bird Space (500 juta) dan Modern Combat 4: Zero Hour (5 juta).

1 dari 2 halaman

Sukses Besar

Kesuksesan King sendiri dibuktikan dengan keberhasilan pengembang yang mengantongi keuntungan paling besar pada kuartal ketiga 2013. Dalam tiga bulan, King berhasil mengantongi total keuntungan mencapai US$ 551 juta.

Saat itu diketahui sebanyak 97,7 persen pengguna Candy Crush memainkan gim tersebut secara gratis. Berarti hanya ada sekitar 2,3 persen dari keseluruhan pengguna yang memberikan kontribusi untuk berbagai kebutuhan operasi gim tersebut.

Candy Crush sendiri menjadi gim paling populer di Facebook dan merupakan gim paling banyak diunduh di iOS dan Android pada Maret dan April 2013. Gim ini juga merupakan aplikasi gratis ketiga yang paling populer di Play Store, setelah Facebook dan WhatsApp Messenger.

Keberhasilan King memasarkan Candy Crush Saga dikaitkan dengan kemampuannya untuk dapat hadir di banyak platform.

Permainan ini pertama kali diluncurkan pada November 2012, dan kini menjadi gim paling populer dalam kurun waktu hanya enam bulan, termasuk 10 juta unduhan tercetak hanya pada Desember 2012.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Wow, Remaja Pemain Overwatch Dapat Gaji Rp 2 Miliar per Tahun
Artikel Selanjutnya
Video Klip Twice Ditonton 100 Juta View di YouTube