Sukses

Facebook Perbarui Fitur Stories dan Setop Layanan Direct

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akhirnya melakukan perubahan besar-besaran pada fitur Stories di layanannya. Raksasa media sosial itu kini menggabungkan fungsi Stories di Facebook dan Messenger.

Sekadar informasi, Facebook Stories dan Messenger Day merupakan fitur terpisah di masing-masing aplikasi. Namun, sekarang fitur tersebut sudah terhubung satu sama lain.

Dengan kata lain, Stories yang dibagi melalui dua aplikasi tersebut akan tetap sama. Kendati demikian, filter kamera yang tersedia masih berbeda tergantung aplikasi yang digunakan.

Nantinya, seluruh balasan dari Stories akan langsung dihubungkan melalui aplikasi Messenger. Tak hanya itu, Facebook juga membenamkan fitur baru yang diberi untuk membuat Stories for Events.

Melalui fitur ini, beberapa pengguna dapat berbagi Stories untuk satu acara yang sama. Facebook juga telah memperbarui pengaturan privasi agar pengguna dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat unggahannya.

Bersamaan dengan fitur ini, perusahaan juga resmi menghapus keberadaan fitur Direct. Dikutip dari The Verge, Rabu (15/11/2017), fitur pesan ephemeral itu kini tak lagi dilanjutkan.

Terakhir, Facebook juga tengah menyiapkan kehadiran fitur Stories untuk pengguna aplikasi Facebook Lite. Sekadar diketahui, fitur ini sebelumnya hanya ada di aplikasi Facebook standar.

 

 

1 dari 2 halaman

Upaya Facebook geber layanan Stories

Keputusan Facebook ini memang tak lepas dari upaya meraih lebih banyak pengguna, terutama untuk melawan Snapchat. Bukan tak mungkin, layanan ini dapat menjaring lebih banyak pengguna ketimbang Snapchat.

Ilustrasi Facebook

Sebelumnya, Facebook tengah mempersiapkan fitur anyar yang memungkinkan konten yang diunggah di Instagram Stories dapat hadir di Facebook. Kemampuan ini memudahkan pengguna, terutama yang terbiasa melakukan Stories di dua aplikasi itu.

Namun belum seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman menjajal fitur baru ini. Facebook menuturkan, kemampuan ini akan hadir secara bertahap untuk para pengguna.

"Kini, kamu bisa memiliki opsi berbagi Instagram Stories ke Facebook Stories. Kami selalu bekerja untuk membuat pengguna berbagai beragam momen secara lebih mudah ke orang terdekat," tutur juru bicara Facebook.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah terdengar sejak bulan lalu. Ketika itu, beredar screenshot dari pengguna di Portugal yang memperlihatkan ada opsi untuk mengunggah foto atau video di Instagram Stories ke Facebook.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop
Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017