Sukses

Bocah 10 Tahun Mampu Kelabui Face ID di iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, sistem keamanan pemindai wajah di iPhone X, Face ID, berhasil dijebol. Luar biasanya, fitur ini berhasil dibobol oleh seorang anak laki-laki berumur 10 tahun.

Adalah Ammar Malik, anak laki-laki berumur 10 tahun yang berhasil membuka kunci iPhone X milik sang ibu. Uniknya, Ammar tidak menggunakan cara yang aneh dan sulit.

Yang Ammar lakukan hanya mengarahkan sensor Face ID yang terpasang di atas layar iPhone X ke arah dirinya, dan iPhone X pun sudah bisa diakses. Demikian yang dilansir Wired, Kamis (16/11/2017).

"Istri dan saya selalu berkirim pesan sepanjang waktu, dan mungkin ada sesuatu yang tidak seharusnya ia (Ammar) lihat," ungkap Attaullah Malik, ayah Ammar, kepada Wired.

"Karena kejadian ini, istriku harus menghapus seluruh pesan di iPhone X bilamana ada sesuatu yang ia tidak ingin Ammar lihat," tambahnya.

Diketahui, ini bukan kali pertama Ammar mendapatkan akses ke smartphone yang bukan miliknya. Sebelumnya, ia juga pernah membuka 'paksa' ponsel milik sang ayah.

Seperti yang bisa kamu lihat di dalam video di bawah, iPhone X ternyata mengenali wajah Ammar dan bisa dibuka dengan mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Face ID Rentan di Jebol

Saat meluncurkan iPhone X, Apple cukup percaya diri dengan teknologi pengenalan wajah buatannya yang dapat digunakan sebagai metode otentikasi membuka smartphone dan akses ke beberapa aplikasi.

Jika memang benar seseorang dapat mengelabui Face ID, mereka berpotensi memperoleh akses ke informasi perbankan, kartu kredit yang tersimpan di aplikasi belanja, iTunes, dan App Store.

Sebelumnya, Apple merilis informasi terkait tentang teknologi Face ID buatannya. Dalam informasi tersebut, Apple mengakui metode otentikasi ini dapat dikelabui oleh saudara kembar, saudara kandung dengan wajah yang sama, dan anak-anak di bawah usia 13.

Di dalam sesi keynotes saat peluncuran iPhone X beberapa bulan lalu, Apple mengatakan hanya ada 1 banding sejuta kesempatan seseorang yang tidak memiliki kesamaan wajah bisa mengelabui Face ID di iPhone X.

3 dari 3 halaman

Bisa Dikelabui Pakai Topeng

Baru-baru ini, sebuah perusahaan keamanan Vietnam bernama Bkav, juga berhasil mengecoh sistem Face ID. 

Dilansir Softpedia, Selasa (14/11/2017), Bkav melalui sebuah percobaan membuktikan sistem Face ID bisa dikecoh. Untuk membuktikannya, Bkav dengan bantuan topeng khusus yang dibuat menyerupai wajah seorang pemilik iPhone, berhasil melakukan hal tersebut.

Topeng wajah tersebut menggunakan campuran frame 3D, gambar 2D dan hidung silikon. Topeng itu juga didandani sedemikian rupa agar bisa mengecoh Face ID. Bkav memoles beberapa bagian wajah tertentu agar bisa lolos dari proses pengenalan wajah Face ID.

Keberhasilan Bkav ini memunculkan pernyataan mengenai tingkat keamanan Face ID. Apple sendiri memang tidak menjamin sistem Face ID aman 100 persen, tapi memang lebih baik daripada Touch ID.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

https://www.vidio.com/watch/1164208-kata-kids-zaman-now-soal-samsung-galaxy-j7

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.