Sukses

5 Tempat Terlarang Simpan Smartphone, Salah-Salah Bisa Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone telah menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dari kehidupan saat ini. Alasannya, dengan perangkat ini, manusia dapat melakukan banyak hal, mulai dari berkomunikasi termasuk bekerja.

Karenanya, tak heran ada beberapa orang yang menyebut lebih memilih ketinggalan dompet ketimbang smartphone. Kondisi itu secara tak langsung menunjukkan smartphone telah berperan penting dalam kehidupan.

Namun di balik fungsinya tersebut, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan smartphone, terutama saat menyimpannya.

Hal ini penting untuk mencegah efek negatif karena salah kebiasaan menyimpan smartphone. Lantas, tempat seperti apa yang harus dihindari saat menyimpannya? Berikut ini daftarnya.

1. Saku Celana

Salah satu tempat yang biasa menjadi andalan untuk menyimpan smartphone saat bepergian adalah kantung celana. Namun tahukah kamu, ada dampak negatif yang berdampak bagi pengguna jika meletakkan smartphone di kantung celana yang ketat.

Sejumlah studi menyebut radiasi smartphone ternyata mengancam kesuburan, baik pria dan wanita. Untuk itu, sebaiknya simpan perangkat di saku dalam durasi maksimal 3 jam dan lebih baik dikeluarkan apabila memang tak sedang bepergian.

1 dari 3 halaman

2. Tempat Tidur di Malam Hari

Tidur bersama smartphone ternyata berbahaya

Sebagian orang harus diakui sudah memanfaatkan smartphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur. Akan tetapi, meletakkan smartphone di tempat tidur ternyata tak sepenuhnya aman.

Ada kemungkinan smartphone itu tersenggol dan terjatuh tanpa disadari, sehingga membuatnya rusak. Tak hanya itu, beberapa di antaranya menyebut smartphone dapat memengaruhi kualitas tidur jika diletakkan terlalu dekat.

3. Jok atau Bagasi Sepeda Motor

Saat sedang bepergian menggunakan sepeda motor, bagasi di bawah jok kerap menjadi andalan untuk menyimpan smartphone. Meski cukup membantu saat sedang berkendara, ternyata ada masalah serius lain yang dapat muncul dari kebiasaan ini.

Suhu bagasi yang panas dapat memicu smartphone mengalami overheat. Dalam kondisi ekstrem, kondisi itu dapat menyebabkan smartphone meledak dan tak jarang perangkat juga dapat terbentur saat diletakkan di bagasi.

2 dari 3 halaman

4. Terlalu Dekat dengan Peralatan Elektronik Lain

ilustrasi laptop

Kebiasaan meletakkan smartphone dengan peralatan elektronik lain, seperti laptop atau komputer memang jamak dilakukan sebagian orang. Mengingat keduanya merupakan peralatan yang jadi andalan saat bekerja.

Namun tak ada salahnya untuk mulai mengubah kebiasaan ini dan beri jarak antara smartphone dengan dua perangkat itu. Alasannya, masing-masing perangkat menghasilkan radiasi elektromagnetik yang dapat saling merusak.

5. Daerah Lembab dan Basah

Saat ini, sejumlah vendor sudah membenamkan fitur tahan air di smartphone besutannya. Kendati demikian, ada baiknya kamu tetap menghindari meletakkan smartphone di daerah yang terlalu lembab atau basah.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang kemungkinan terjadi pada komponen di dalam smartphone karena terkena tempat yang terlalu lembab. Sementara selalu pastikan smartphone dalam keadaan kering.

(Dam/Cas)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Alasan Tersembunyi Mengapa Telur Harus Disimpan di Dalam Kulkas
Artikel Selanjutnya
Siapa Sangka, Furnitur Nan Cantik Ini Berasal dari Rongsokan