Sukses

Ini 7 Cara Dapat Uang dari Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangannya, media sosial banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai salah satu sumber penghasilan. Semakin populer di media sosial, maka kesempatan untuk mendapatkan uang dari konten yang diunggah pun semakin besar.

Jika kalian adalah salah satu pengguna media sosial, kemungkinan mengikuti satu atau banyak akun populer. Biasanya, akun populer tersebut kerap mengunggah konten untuk mempromosikan sesuatu dan mereka mendapatkan uang dari unggahan tersebut.

Untuk bisa menghasilkan uang dari media sosial, hal utama yang diperlukan tentu follower yang banyak. Popularitas di media sosial biasanya beriringan dengan aliran penghasilan ke kantong pemilik akun.

Nah, jika kalian ingin bisa mendapatkan uang dari media sosial, ada beberapa cara yang bisa diikuti. Berikut beberapa di antaranya:

1. Buat konten asli

Untuk mengelola sebuah akun media sosial, kalian memerlukan konten untuk dibagikan kepada para follower dan membuatnya menjadi viral di internet. Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten asli yang berkualitas.

Membuat konten asli dapat dilakukan di berbagai platform mulai dari tulisan di blog atau situs web. Selain itu, kalian juga bisa membuat konten interaktif berupa video di YouTube dan layanan berbagi video lainnya. Konten berupa foto pun bisa menjadi salah satu trik.

2. Konsisten mengunggah konten

Membuat konten asli memang membutuhkan pemikiran dan waktu yang cukup lama. Namun, dalam mengembangkan media sosial yang baik, kalian juga memerlukan konsistensi dalam mengunggah konten.

Misalnya, jika kalian membuat sebuah channel YouTube, cobalah untuk rajin mengunggah video setidaknya satu video setiap pekan. Jika memungkinkan, tingkatkan jumlahnya dalam beberapa bulan kemudian agar semakin menambah view dan subscriber. Hal ini juga berlaku untuk media sosial lain termasuk Instagram.

3. Ikuti tren

Jika kalian sudah bermain media sosial, mengamati berbagai hal yang populer atau viral tampaknya sudah menjadi suatu kewajiban. Untuk memulainya, kalian bisa mengamat dari Google Trends atau tagar yang sedang ramai di Facebook dan Twitter.

Selanjutnya, kalian bisa dengan mudah membuat konten yang berasal dari berbagai hal populer atau viral. Penggunaan judul, caption dan tagar yang ramai dibicarakan warganet membuat konten dapat dengan mudah menjangkau mereka.

 

1 dari 3 halaman

Unik

4. Tampil Beda

Setelah sukses membuat dan konsisten mengunggah konten, bukan berarti kalian tidak memiliki pesaing. Di setiap media sosial, pasti ada pesaing yang memiliki konten dengan tema atau topik sama seperti milik kalian.

Salah satu solusinya yaitu tampil beda dengan pesaing sejenis. Punya ciri khas tersendiri membuat kalian mudah dikenali oleh para follower dan warganet. Misalnya, kalian bisa menyisipkan unsur humor di setiap konten yang dibuat.

Ilustrasi media sosial  (Sumber: Pixabay)

5. Dengar kemauan follower

Follower atau subscriber adalah bagian terpenting selain konten dalam mengembangkan media sosial. Tanpa mereka, tentu konten yang dibuat tidak akan populer, hingga akhirnya sumber penghasilan terhambat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mendengarkan kemauan follower, terutama jika itu akan berdampak baik bagi akun kalian.

Follower dan subscriber merupakan dua hal penting untuk bisa mendapatkan penghasilan. Misalnya saja, orang-orang dengan berbagai profesi seperti musisi, penulis, desainer hingga vlogger bisa mendapatkan dana dari para penggemar mereka di platform membership seperti Patreon.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

6. Kerja sama dengan brand

Media sosial memang menjadi salah satu ladang tepat untuk mendapatkan penghasilan. Pasalnya, buat kalian yang memiliki banyak follower, kesempatan menjalin kerja sama dengan brand-brand ternama terbuka lebar. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya menjalin kerja sama dengan akun populer untuk mempromosikan produk mereka.

Ada banyak brand yang mencari influencer dengan pengaruh besar di media sosial. Biasanya sebuah brand menginginkan akun populer membuat konten khusus untuk diunggah di media sosial. Hal ini sama-sama sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak.

7. Buat tulisan yang menarik

Selain konten berupa foto dan video, cara lain untuk menghasilkan uang yaitu dengan tulisan. Kalian bisa meluapkan ide lewat tulisan yang diunggah dalam situs web atau blog, kemudian menyebarkan informasinya melalui media sosial.

Jika memang disukai, tulisan-tulisan tersebut bisa dicetak dalam bentuk buku atau dijual secara digital. Kalian pun akan bisa mendapatkan uang dari penjualan tersebut.

Selamat mencoba!

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Cara Ajarkan Anak Mengenal Uang
Artikel Selanjutnya
4 Profesi Aneh yang Muncul Gara-Gara Internet