Sukses

Apple Kuasai Pasar Perangkat Wearable

Liputan6.com, Jakarta - Apple kembali menguasai pasar perangkat wearable. Berdasarkan data perusahaan riset pasar teknologi, Canalys, Apple memimpin pasar wearable pada kuartal III 2017.

Apple kembali mengambil alih posisi nomor satu yang dimilikinya pada kuartal I 2017. Pada kuartal II 2017, Xiaomi dan Fitbit berhasil membuat Apple lengser ke posisi nomor tiga di pasar perangkat wearable.

Untuk kuartal III 2017, Apple memimpin dengan 23 persen pangsa pasar. Posisi lima besar lainnya ditempati oleh Xiaomi dengan 21 persen, Fitbit 20 persen, Huawei 6 persen dan Samsung 5 persen. Sisanya terdiri dari gabungan berbagai merek perangkat wearable lain dengan 25 persen pangsa pasar.

Berdasarkan data perusahaan riset pasar teknologi, Canalys, Apple memimpin pasar wearable pada kuartal III 2017 (Foto: Softpedia)

Apple diprediksi telah mengapalkan 3,9 juta unit perangkat wearable besutannya, yaitu Apple Watch, selama Juli sampai September 2017. Rivalnya seperti Xiaomi mengapalkan 3,6 juta unit dan Fitbit sebanyak 3,5 juta unit.

Secara keseluruhan, Canalys memperkirakan pengapalan perangkat wearable pada kuartal III 2017 mencapai 17,3 juta unit.

 

1 dari 2 halaman

Kontribusi Apple Watch Series 3 versi LTE

Apple Watch Series 3 versi LTE dinilai memberikan kontribusi positif untuk Apple pada kuartal III ini. Canalys memperkirakan 800 ribu unit Apple Watch yang terjual pada periode tersebut adalah varian LTE.

Smartwatch terbaru Apple itu memang memiliki daya tarik besar, tapi sejauh ini dinilai belum memberikan kemampuannya secara maksimal. Pasalnya, permintaan terhadap smartwatch itu lebih tinggi daripada suplai yang ada. Oleh karena itu, Apple diperkirakan akan mendapatkan angka penjualan yang lebih baik pada kuartal akhir tahun ini.

"Permintaan yang besar untuk Apple Watch Series 3 versi LTE telah menghilangkan keraguan berbagai penyedia layanan tentang smartwatch seluler yang tidak akan menarik konsumen," jelas analis Canalys, Jason Low.

Apple Watch Series 3 merupakan smartwatch terbaru Apple pada tahun ini. Perangkat ini diumumkan bersamaan dengan iPhone X dan seri iPhone 8 pada 12 September 2017.

Salah satu yang menarik perhatian saat pengumumannya yaitu informasi mengenai ketersediaan dukungan jaringan seluler 4G LTE. Melalui fitur tersebut, pengguna tidak lagi harus bergantung pada iPhone untuk melakukan berbagai hal, termasuk bisa membuat panggilan secara mandiri.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Punya Chip Baru, Huawei Kian Optimistis Tantang Apple dan Samsung
Artikel Selanjutnya
Saingi Apple, Samsung Luncurkan 3 Perangkat Wearable Baru