Sukses

Selain Spesifikasi, Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Beli Android

Liputan6.com, Jakarta - Pasar smartphone Android kian ramai dengan kehadiran perangkat baru. Perangkat Android tersebut hadir mengusung spesifikasi yang serupa dan berupaya menjual kelebihan masing-masing.

Spesifikasi mirip ini yang kadang membuat calon pembeli bingung menentukan pilihannya. Lantas, apa yang seharusnya diperhatikan saat seseorang hendak membeli perangkat Android?

Selain spesifikasi, berikut adalah 6 hal yang patut diperhatikan saat membeli Android sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Minggu (19/11/2017).

1. Prosesor

Prosesor merupakan otak dari sebuah perangkat. Biasanya, reviewer menilai sebuah perangkat dengan menghitung benchmark poin prosesor tersebut. Sayang, dua smartphone dengan prosesor sama bisa saja memiliki nilai benchmark yang tak berbeda jauh.

Ketimbang hanya memilih smartphone berdasarkan jenis prosesor, konsumen sebaiknya melihat dari sisi lainnya. Misalnya implikasi dari pemakaian sebuah prosesor, apakah baterai yang lebih hemat, kinerja multitasking yang cepat, atau penerimaan sinyal yang lebih baik.

Ilustrasi: Prosesor Snapdragon 821 (Sumber: qualcomm)

2. RAM

Ya, saat memilih smartphone, pertimbangan utama seseorang biasanya adalah besaran RAM. Saat ini vendor banyak memproduksi smartphone dengan RAM luas antara 4GB hingga 8GB. Masalahnya, benarkah RAM 8GB lebih baik dibanding RAM 4GB?

Jawabannya belum tentu, sebab RAM hanya berguna jika kapasitasnya digunakan. Sementara, RAM yang bebas alias kosong justru tak berguna alias sia-sia. 

Singkatnya, jika kamu menggunakan aplikasi dan gim yang menyita RAM luas, tentu RAM lebih besar lebih baik. Masalahnya, saat ini tidak semua pengguna senang main gim berat yang membutuhkan RAM luas.

Ilustrasi: RAM pada smartphone

Oleh karena itu pastikan membeli smartphone sesuai kebutuhan. Mungkin RAM luas akan diperlukan bagi smartphone masa depan, tapi saat ini RAM 3GB atau 4GB rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan.

1 dari 3 halaman

3. Layar

Layar merupakan hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membeli Android. Ada berbagai jenis layar yang digunakan vendor smartphone seperti OLED, LCD, dan lainnya.

Biasanya, OLED jadi pilihan produsen yang merilis smartphone premium lantaran layar lebih cerah, warna lebih hidup, dan hemat daya.

Dari situ, kamu bisa menyimpulkan smartphone dengan layar apa yang kamu cari.

Ilustrasi: Layar AMOLED (Sumber: Iklan dari Samsung Display)

4. Baterai

Smartphone dengan kapasitas baterai besar umumnya lebih banyak dipilih oleh konsumen. Namun sebenarnya memilih smartphone tak sesimpel itu. Perlu diketahui, kapasitas baterai kecil belum tentu baterainya lebih cepat habis.

Konsumen perlu juga mengetahui bagaimana software dan kinerja prosesor bisa mengoptimisasi baterai. Pembeli smartphone juga perlu memperhatikan faktor lain, misalnya apakah smartphone dilengkapi pengisian daya cepat.

Galaxy S8 Dibongkar, sulitnya melepaskan baterai dari dalam smartphone (Sumber: iFixit)

2 dari 3 halaman

5. Ruang Penyimpanan

Selain RAM, biasanya konsumen menanyakan "berapa kapasitas memori" sebuah smartphone. Berbagai vendor smartphone menawarkan ruang penyimpanan mulai dari 16GB hingga 32GB.

Nah, pastikan memori tersebut bisa memenuhi kebutuhan kamu dan juga perlu melihat apakah smartphone dilengkapi slot memori untuk menambah kapasitas.

Ilustrasi flash disk, flash drive, kartu memori, nano receiver. Kredit: Pexels via Pixabay

6. Kamera

Selain spesifikasi, vendor biasanya "menjual" fitur kamera. Sayangnya kamu perlu tahu, smartphone yang megapiksel kameranya besar bukan berarti hasil fotonya lebih bagus.

Bisa saja megapiksel kamera besar tapi saat memotret di tempat redup hasil fotonya biasa saja. Untuk itu, konsumen perlu mengenal teknologi yang mendukung kamera. Misalnya jenis sensor, bukaan kamera, hingga software yang digunakan untuk mengolah hasil jepretan.

SPG menunjukkan fitur selfie Smartphone Vivo V7 Plus saat grand launching VIVO V7 Plus, Jakarta, Kamis (28/9). VIVO V7 Plus memiliki kamera depan 24 megapixel dan full view display. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Samsung Siapkan Tablet untuk Anak-anak
Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online