Sukses

Menkominfo Usulkan Insentif Pajak bagi Startup

Menkominfo Rudiantara mengusulkan startup yang memiliki merchant dan mitra, seperti Go-Jek dan Tokopedia, mendapatkan insentif pajak khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengusulkan startup yang memiliki merchant dan mitra, seperti Go-Jek atau Tokopedia, mendapat insentif pajak khusus. Pasalnya, mereka berpotensi menjadi agen pajak alias Wajib Pungut (WAPU).

Seperti diketahui, baik Go-Jek dan Tokopedia adalah startup Unicorn dengan kontribusi besar untuk meningkatkan pemasukan pajak atau tax base.

Di Tokopedia, tercatat ada sekitar 2,6 juta pedagang, sedangkan Go-Jek memiliki 500.000 mitra pengemudi Go-Ride yang dipesan setiap harinya.

"Kedua perusahaan ini saya anggap 'real heroes' di dunia perpajakan. Ya, mereka ini tiba-tiba sudah mengantongi berapa juta pemegang NPWP baru, ini tentu meningkatkan taxe base kita," ujarnya kepada Tekno Liputan6.com usai acara Digital Economic Briefing 2017 di kantor pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

"Lagipula bayangkan, dulu waktu belum ada Go-Jek, mana ada ojek pangkalan yang punya NPWP?" tambah pria yang karib disapa Chief RA ini.

Menurut dia, ketika Go-Jek dan Tokopedia menjadi WAPU, mereka bisa melakukan pemungutan dan penyetoran PPN/PPn-BM sendiri atas pembelian atau penerimaan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak.

Dengan kata lain, WAPU dapat berperan sebagai "jembatan" dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menghimpun pajak pendapatan masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Apa Konsep Insentifnya?

Sayang, Chief RA enggan mengungkap detail seperti apa konsep insentif yang sesuai untuk bisa diimplementasikan ke Tokopedia dan Go-Jek. Menurut dia, soal teknis seperti ini bukan menjadi wewenang Kemkominfo.

"Saya ini kan bukan otoritas pajak, tetapi ya konsepnya harus diberikan insentif. Tokopedia dan Go-Jek itu selalu mendatangkan pemegang NPWP baru dalam waktu pendek," ucap pria berkacamata ini.

Sekadar informasi, Go-Jek memang sudah direncanakan menjadi WAPU sejak pekan lalu. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan CEO Go-Jek Nadiem Makarim untuk membahas hal tersebut. Sayang, sampai saat ini wacana tersebut belum tampak kejelasannya.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.