Sukses

Tak Dibekali Radio, Ini Tips Dengarkan FM Radio di Ponsel Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Mendengarkan radio merupakan kegemaran tersendiri bagi banyak orang. Berbeda dengan music player, saat mendengarkan radio, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait cuaca, kemacetan, hingga berita terhangat.

Sayangnya, saat ini tidak semua smartphone dibekali aplikasi radio bawaan. Misalnya saja pada smartphone Xiaomi. Kendati demikian, pengguna tetap bisa mendengarkan FM radio tanpa aplikasi.

Bagaimana caranya?

Tekno Liputan6.com menjajal mendengarkan FM Radio tanpa aplikasi melalui Xiaomi Mi A1 yang menjalankan OS Android One.

Android One memang hadir dengan tampilan sederhana dan hanya dipasang sedikit aplikasi pokok di dalamnya. Aplikasi radio bukan salah satu aplikasi yang dipasang di Xiaomi Mi A1.

Untuk mendengarkan FM Radio di Mi A1, kamu bisa masuk ke dial pad Xiaomi (seperti saat hendak membuat panggilan). Kemudian, kamu bisa menekan kode *#*#6484#*#* di dial pad.

Cara mendengarkan FM radio di smartphone Xiaomi tanpa aplikasi radio (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Selanjutnya

Masuk ke Hardware Test

Setelah kamu menekan tombol * yang terakhir, smartphone secara otomatis akan membawa pengguna ke menu Hardware Test. 

Setelah masuk ke menu Hardware Test, kamu bisa melihat serangkaian tools untuk menguji keseluruhan perangkat keras yang ada pada smartphone Xiaomi.

Kamu bisa scroll ke bawah untuk menemukan opsi FM Radio yang letaknya ada di bagian paling bawah.

Cara mendengarkan FM radio di smartphone Xiaomi tanpa aplikasi radio. Menu Radio berada di paling bawah (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 3 halaman

Masuk ke Radio

Setelah kamu memilih opsi FM Radio, smartphone akan memberi notifikasi warna merah bertuliskan "Please insert headset" atau colokkan headset untuk mendengarkan radio.

Saat itu, radio pun akan menyala dan mengguna bisa memilih frekuensi radio yang biasa didengarkan.

Untuk mengatur FM Radio, kamu bisa menekan tombol di bagian kanan dan kiri. Untuk kembali ke pengaturan awal, kamu bisa menekan tombol Reset.

Cara mendengarkan FM radio di smartphone Xiaomi tanpa aplikasi radio (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perlu kamu ketahui, karena menu tersebut merupakan menu pengujian hardware, di bawah tombol Reset terdapat kolom dialog. "Can you hear the sound?" atau apakah kamu bisa mendengarkan suara di radio.

Lalu, di bawahnya ada opsi "Pass" dan "Fail". Jika kamu memilih "Pass", kamu akan kembali ke menu sebelumnya dan radio secara otomatis akan mati.

Sekadar diketahui, cara di atas juga bisa dipakai di berbagai smartphone Xiaomi lainnya. Selamat mencoba ya!

(Tin/Cas

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.