Sukses

Susul Amazon, "Google Tiongkok" Juga Rilis Speaker Pintar

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa internet Tiongkok, Baidu, akhirnya kian serius terjun ke bidang pengembangan kecerdasan buatan. Hal itu dibuktikan dengan langkah perusahaan untuk memperkenalkan speaker pintar pertamanya.

Namun, perusahaan yang kerap disebut sebagai Google-nya Tiongkok ini mengambil langkah yang berbeda. Sebab, Baidu merilis speaker pintar dengan desain berbeda dari kompetitor yang menonjolkan tampilan elegan.

Alih-alih tampil satu warna seperti kebanyakan produk serupa, speaker besutan Baidu ini hadir lebih berwarna. Tak hanya itu, desain yang diusung speaker ini mirip dengan balok permainan bongkar pasang.

Bahkan, seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (17/11/2017), bagian atas dari speaker pintar bernama Raven H ini dapat dilepas. Baidu juga menyisipkan kontroler berupa layar sentuh LED.  

Perangkat ini dipersenjatai oleh platform suara DuerOS termasuk Raven, startup yang baru saja diakusisi Baidu awal tahun ini. Teenage Engineering dari Swedia juga turut membantu pengembangan perangkat dari sisi desain.

Menurut rencana, speaker ini akan mulai dijual bulan depan di Tiongkok dengan harga 1.699 yuan atau sekitar Rp 3,4 juta.

Meski tak ada informasi resmi seputar penjualan global, Teenager Engineering menyebut tak menutup kemungkinan perangkat ini ke luar Tiongkok di masa yang akan datang.

Selain Raven H, Baidu sebenarnya juga memperkenalkan dua robot berbasis kecerdasan buatan diberi nama Raven R dan Raven Q. Akan tetapi, belum ada informasi lebih lanjut seputar dua robot tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Speaker pintar tengah menjamur

Tren kehadiran speaker pintar harus diakui memang tengah menjamur di kalangan perusahaan teknologi. Hal ini didukung pula dengan perkembangan kecerdasan buatan sehingga memungkinkan hal tersebut terjadi.

Perusahaan seperti Apple, Google, Xiaomi, termasuk Alibaba pun akhirnya mengikuti jejak Amazon yang merilis Alexa beberapa tahun lalu. Speaker dengan asisten virtual ini diklaim sangat membantu pengalaman pengguna.

Terbaru, Samsung juga tak ketinggalan akan merilis perangkat serupa. Speaker yang memiliki kode nama Vega ini akan dibekali asisten virtual buatan Samsung sendiri, yakni Bixby.

Selain perusahaan perangkat keras, media sosial seperti Facebook juga dikabarkan memiliki rencana merilis speaker pintar. Kabar menyebut, raksasa media sosial itu menyiapkan speaker pintar dengan layar sentuh 15 inci.

Speaker ini diproduksi oleh salah satu pabrikan iPhone asal Tiongkok, Pegatron. Hal ini menarik, mengingat perusahaan yang kini dipimpin Mark Zuckerberg itu menyebut teknologi suara bukan menjadi fokus utama.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.