Sukses

Lagi, Astronom Temukan Planet Mirip Bumi yang Layak Huni

Liputan6.com, Jakarta - Para astronom kembali menemukan planet yang dianggap layak huni. Hal ini tak lepas dari kondisi planet bernama Ross 128b yang memiliki iklim cukup nyaman dengan suhu minimal minus 60 derajat celcius dan suhu maksimal 20 derajat celcius.

Dikutip dari New Scientist, Sabtu (18/11/2017), kondisi itu membuat planet yang berjarak 11 tahun cahaya ini kemungkinan memiliki laut dan sungai. Keduanya merupakan faktor penting untuk mendukung kehidupan. 

Faktor lain yang mendukung Ross 128b layak huni adalah jaraknya dengan bintang utama. Sama seperti eksoplanet lain, orbit planet ini cukup dekat dengan bintang utamanya, sekitar 20 kali lebih dekat dari Bumi dan Matahari.

Akan tetapi, bintang utama planet ini merupakan katai merah sehingga suhunya lebih rendah dari Matahari. Sebagai informasi, Matahari merupakan bintang katai kuning dan memilliki suhu dua kali lebih tinggi dari katai merah.

Planet ini juga diperkirakan tak terpapar dengan radiasi ultraviolet dan x-ray yang dapat menghancurkan kehidupan. Ross 128b ini juga diperkirkan memiliki atmosfer yang mampu mendukung kehidupan, karena rotasinya cukup lambat dan aktivitas magnetiknya lemah.

Ross 128b ditemukan pada para astronom melalui instrumen High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS) yang ada di Cile. Berdasarkan data yang diperoleh, exoplanet ini berukuran 35 persen dari Bumi dan mengorbit bintang utamanya selama 9,9 hari.

Kendati demikian, para ilmuwan belum dapat apakah Ross 128b berada wilayah yang dapat dihuni. Untuk itu, European Southern Observatory berencana untuk mempelajari planet ini, termasuk kemungkinan adanya oksigen.

 

1 dari 2 halaman

NASA Temukan Planet Serupa

Sebelumnya, NASA juga telah berhasil menemukan 20 planet mirip Bumi yang berpotensi layak dihuni manusia. Melalui teleskop Kepler, badan antariksa Amerika Serikat itu menemukan planet yang mengorbit bintang seperti Matahari.

Planet dengan kode nama KOI-7923.01 ini mengorbit selama 395 hari serta memiliki suhu lebih dingin dari Bumi karena lokasinya jauh dari bintang induk.

Meski dingin, KOI-7923.01 memilik suhu hangat dan kondisinya mampu untuk menghasilkan air yang merupakan elemen paling penting dalam kehidupan makhluk hidup.

NASA mengungkap ada dua exoplanet lainnya, yakni KOI-82.06 and KOI-2926.05 merupakan sistem multiplanet serta ada 10 planet terestrial lainnya yang menjadi kandidat planet terkuat yang layak dihuni.

Penemuan ini juga termasuk 30 planet terestrial yang berada di zona Goldilocks Zone atau zona layak huni dari bintang induk.

Lewat penemuan ini, jumlah planet terestrial dekat bintang induk di zona layak huni telah bertambah menjadi 50, di mana 30 di antaranya dipastikan adalah exoplanet.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Peneliti Temukan Ukuran Black Hole Baru
Artikel Selanjutnya
Black Hole Raksasa Ditemukan di Bima Sakti, Pintu Dimensi Lain?