Sukses

Ini Cara Hemat Kuota Internet Saat Akses Facebook Cs

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial adalah merupakan layanan internet yang populer, termasuk di Indonesia. Salah satu keunggulan media sosial yaitu mempermudah kita terhubung dengan siapa saja, tapi di sisi lain, aktivitas ini juga memerlukan kuota internet yang berdampak pada pengeluaran dana.

Mengakses media sosial memang tidak harus selalu menggunakan data seluler, tapi bisa juga WiFi. Namun, ada kalanya pengguna harus menggunakan data seluler jika tidak ada akses WiFi. Untuk menggunakan data seluler ini, tentu pengguna harus merelakan pulsa agar bisa berlangganan.

Nah, seiring kemudahan yang ditawarkan media sosial dan berbagai tipe pengguna, para penyedia layanan tersebut menawarkan fitur 'hemat data' untuk menghemat kuota internet saat mengakses layanan mereka. Jadi, kini pengguna tidak perlu lagi khawatir jika harus menggunakan aplikasi sosial media dalam waktu lama.

Berikut cara menghemat kuota internet di beberapa media sosial populer, seperti dikutip dari Tech Viral, Sabtu (1 8/11/2017):

1. Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh banyak orang di dunia termasuk Indonesia. Para pengguna cenderung membuka Facebook lebih dari sekali dalam sehari. Hal ini, tentu membuat pemakaian kuota internet menjadi lebih boros.

Untuk menghemat pemakaian kuota internet, ada cara sederhana untuk menyiasatinya. Pertama pilih ikon tiga garis di sisi kanan aplikasi Facebook, kemudian pilih opsi "Data Saver".

Langkah sederhananya adalah:

1. Masuk ke menu "Settings"

2. Pilih fitur "Data Saver" dan tap kolom yang tersedia untuk mengaktifkannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instagram dan Snapchat

2. Instagram

Instagram juga termasuk media sosial populer di Indonesia. Tampilan konten di layanan ini berupa foto dan video, yang tentunya cukup mengurus kuota internet.

Untuk menghemat kuota internet, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur penghematan data yang ada di dalam aplikasi ini. Caranya, pilih "Settings", lalu klik opsi "Cellular Data Use" dan "Use Less Data".

Langkah sederhananya adalah:

1. Masuk ke menu Settings

2. Pilih fitur Celluler Data Use

3. Aktifkan fitur Use Less Data

3. Snapchat

Pengguna aplikasi Snapchat memang tidak sebesar dan seaktif Facebook. Meski demikian, sifat aplikasi berbagai video singkat ini menguras cukup banyak kuota internet.

Untuk menghematnya, pengguna bisa memilih opsi "Settings" pada menu yang terdapat di pojok kanan atas Snapchat. Setelah itu cari "Additional Services" dan pilih "Manage Option". Kemudian aktifkan "Turn on the Travel Mode".

Langkah sederhananya adalah:

1. Buka Settings

2. Pilih Manage di bawah opsi Additional Services

3. Aktifkan mode Travel Mode

Selamat mencoba!

(Din/Cas)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.