Sukses

HP Tak Sengaja Ungkap Laptop Perdana Bertenaga Snapdragon 835

Berdasarkan informasi, akan ada dua model laptop dari HP yang dipersenjatai Snapdragon 835.

Liputan6.com, Jakarta - HP dilaporkan secara tak sengaja telah mengungkap kehadiran laptop bertenaga Snapdragon 835. Hal ini diketahui dari laman resmi perusahaan tersebut beberapa waktu.

Dikutip dari ZDNet, Minggu (19/11/2017), laptop ini memiliki layar 12 inci dengan kode produk 2US29AV. Meski lamannya sudah dihapus, informasi itu memperlihatkan laptop ini didukung SD835--yang merujuk Snapdragon 835.

Sementara untuk spesifikasi lain, laptop ini memiliki RAM 4GB dengan memori Universal Flash Storage (UFS) 128GB. Namun laporan lain menyebut ada pula model lain yang dibekali RAM 8GB dan UFS 256GB.

Untuk informasi, Microsoft dan Qualcomm memang telah mengumumkan akan ada laptop Windows 10 bertenaga Snapdragon 835. Laptop yang dibesut Asus, HP, dan Lenovo ini juga akan dibekali modem LTE X16.

Microsoft sendiri sejak akhir tahun lalu telah mengerjakan emulasi x86 memanfaatkan prosesor Arm di Windows 10 Fall Creators Update. Dengan cara ini, perangkat berbasis Arm dapat menjalankan aplikasi x86.

Perusahaan itu juga menyebut laptop Windows 10 yang menjalankan chipset Snapdragon akan tersedia dalam opsi enam inci, 10 inci, dan 14 inci. Baik Microsoft dan Qualcomm juga telah berbicara dengan sejumlah operator untuk melakukan uji coba.

Mengingat belum ada informasi resmi terkait jadwal peluncuran laptop ini, ada kemungkinan perangkat ini baru diperkenalkan menjelang akhir 2017. Selain selalu terhubung dengan internet, laptop ini juga dipastikan lebih hemat daya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Snapdragon 835 di laptop Windows 10

Tekno Liputan6.com sendiri sempat menyimak presentasi langsung dari petinggi Qualcomm dan Microsoft mengenai kehadiran laptop ini, termasuk menyaksikan demonstrasi langsung bagaimana perangkat itu bekerja.

"Ukuran circuit board dengan Snapdragon 835 jauh lebih ringkas dari kompetitor kami. OEM jadi punya ruang lebih untuk komponen lain, untuk baterai misalnya," kata Don McGuire VP of Global Product, Qualcomm.

Karenanya, OEM dapat menyematkan baterai dengan kapasitas lebih besar. Menurut survei internal Qualcomm, kapasitas baterai adalah salah satu dari dua hal yang sangat menjadi perhatian pengguna.

Adapun satu hal lainnya yang pengguna inginkan adalah dukungan jaringan 4G-LTE. Don menyebut modem X16 LTE di Snapdragon 835 mampu menawarkan kecepatan koneksi internet hingga 1Gbps.

"Kecepatan ini tiga sampai tujuh kali lebih cepat daripada kecepatan rata-rata pita lebar di AS. Saat ini sejumlah operator telekomunikasi di banyak negara, ada yang sudah melakukan uji coba, deploy, baru mau uji coba, dan baru mau berencana menyediakan koneksi secepat ini," papar Don.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.