Sukses

Pengguna iOS 8 Tak Bisa Lagi Main Pokemon Go, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Meski tak sepopuler seperti awal gim ini dirilis, Pokemon Go ternyata masih dimainkan oleh 500 juta pemain setiap harinya.

Akan tetapi, angka tersebut mungkin akan segera turun drastis karena gim ini tidak akan bisa dimainkan lagi oleh jutaan pengguna iOS.

Kabar sedih ini dikonfirmasi langsung oleh tim pengembang gim Pokemon Go lewat unggahan di situs resmi perusahaan. "Pokemon Go tidak akan lagi bisa dimainkan di perangkat bersistem operasi (OS) iOS 8," demikian yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (20/11/2017).

Agar tetap bisa memainkan gim di perangkat iOS, pengguna diminta untuk memperbarui OS di perangkatnya ke iOS 9 paling lambat sampai dengan 20 November 2017 waktu setempat. Lewat dari tanggal tersebut, pencinta gim Pokemon Go akan kehilangan akses ke dalam gim.

Sebagai catatan, iOS 8 pertama kali diluncurkan Apple pada 2014 dan hingga kini sudah mendapatkan pembaruan "besar-besaran" pada iOS sejak saat itu.

"Dengan menghapus dukungan untuk iOS 8, kami dapat menyederhanakan pengembangan dan memfokuskan sumber daya untuk optimalisasi di OS dan teknologi yang baru," tulisnya.

 

1 dari 3 halaman

Masa Depan Pokemon Go

Yang pasti, bagi pemain Pokemon Go yang tidak bisa memperbarui OS perangkatnya, kabar ini cukup mengecewakan. Akan tetapi, bagi sebagian besar pemain, ini merupakan kabar yang baik.

Niantic Labs bakal meluncurkan update untuk Gym dan fitur baru. (Doc: The Verge)

Ini berarti pengembang gim, Niantic Labs, sedang bersiap untuk mengoptimalisasi gim buatannya ini di iOS 11.

Beberapa pencinta gim Pokemon Go pun yakin hal ini merupakan cara pengembang untuk bersiap menghadirkan fitur yang sudah lama ditunggu, yakni trading dan PvP battles.

Tak hanya itu, pengembang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, ini juga sedang mempersiapkan banyak pembaruan lainnya untuk Pokemon Go.

Selain dua fitur yang sudah ditunggu, gamer juga sempat dijanjikan sebuah fitur sosial di dalam gim. Ini diperkuat dengan kabar akuisisi perusahaan terhadap pengembang gim sosial, Evertoon, baru-baru ini.

2 dari 3 halaman

Gim Harry Potter di Perangkat Mobile

Baru-baru ini, Niantic Labs mengumumkan sedang bekerja sama dengan WB Games untuk mengembangkan sebuah gim berjudul Harry Potter: Wizards Unite.

Tak hanya itu, perusahaan juga menegaskan gim Harry Potter ini akan hadir secara eksklusif untuk perangkat mobile. Layaknya Pokemon Go, gim ini akan mengandalkan teknologi AR.

Di dalam gim yang berjudul Harry Potter: Wizards Unites, gamer akan berkesempatan merasakan menjadi seorang Wizards (penyihir) di dunia nyata layaknya dalam novel Harry Potter.

Dari keterangan resminya, gamer akan belajar bagaimana caranya merapal mantera, serta menjelajah lingkungan dan kota di dunia nyata untuk menemukan dan melawan berbagai macam binatang legendaris bersama dengan pemain lainnya.

Serupa dengan Pokemon Go, bukan? Meski informasi gameplay gim Harry Potter: Wizards Unites ini masih terbatas, banyak gamer yang menduga Ingress juga memiliki pengaruh besar terhadap gim ini.

Tak hanya itu, Niantic diprediksi akan menampilkan beberapa fitur baru dan ikonis di dalam gim yang tentunya tak dapat gamer temukan di gim-gim Niantic Labs sebelumnya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Pengembang Satukan Gamer Pokemon Go
Artikel Selanjutnya
Gim Pokemon Hanya Hadir di Konsol Nintendo?