Sukses

iPhone X Masuk dalam Daftar 25 Penemuan Terbaik 2017 Versi Time

Liputan6.com, Jakarta - Tombol Home yang dihilangkan, layar bezelless, serta sistem pengenalan wajah Face ID jadi fitur unggulan pada iPhone X. Meskipun banyak yang menilai keunggulan iPhone X itu sudah dimiliki smartphone kompetitor dari beberapa waktu lalu, Apple pantas berbangga.

Baru-baru ini, majalah Time menobatkan iPhone paling mahal ini sebagai salah satu produk yang masuk dalam daftar 25 penemuan terbaik di tahun 2017.

Sebagaimana dikutip Ubergizmo, Senin (20/11/2017), Time tidak menyebutkan secara detail hal apa yang membuat mereka memilih iPhone X di antara smartphone lainnya.

Namun demikian, disebutkan iPhone X sangat canggih dengan desain layar edge-to-edge, penerapan teknologi augmented reality, dan keputusan Apple menghilangkan tombol Home. Sekadar mengingatkan, tombol Home tak pernah absen pada iPhone sejak pertama kali perangkat itu dirilis.

Chief Design Officer Apple Jonathan Ive mengatakan, keputusan Apple menghilangkan tombol Home didasarkan keinginan Apple untuk melihat masa depan.

"Ada konsekuensi finansial yang harus dibayar untuk mengintegrasikan berbagai fitur ke dalam perangkat kecil ini," kata Ive ketika bicara tentang harga iPhone X yang dianggap mahal.

Tidak hanya itu, Time juga menyebut fitur pengenalan wajah pada iPhone X sebagai faktor yang dinilai. Walaupun sebenarnya Time mengakui, fitur pengenalan wajah sebenarnya sudah ada di smartphone besutan LG maupun Samsung.

Terlebih, Apple mencatat setidaknya 9-12 juta unit iPhone X laris manis hanya dalam 3 hari.

1 dari 3 halaman

iPhone X Alami Sejumlah Masalah

Meski dianggap sebagai salah satu produk penemuan paling baik sepanjang 2017 versi Time, iPhone X tidak terbebas dari masalah. Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah kemunculan garis hijau tegak lurus pada layar iPhone X.

Beberapa pengguna iPhone X melihat ada garis berwarna hijau di sisi kanan atau kiri pada panel OLED smartphone tersebut.

Ilustrasi: iPhone X

Diduga ada masalah dengan sistem kelistrikan iPhone X, sehingga menyebabkan garis hijau bermunculan pada layar. Garis itu berbentuk lurus mulai dari sisi atas hingga bawah layar.

Para pengguna yang mengalami masalah tersebut segera membawa smartphone mereka ke Apple Store. Berdasarkan keterangan sejumlah pengguna, garis hijau itu bukan sebuah masalah yang bisa diselesaikan dengan pembaruan software. Beruntung, pihak Apple bersedia menggantikan iPhone X yang bermasalah itu dengan unit baru.

Sejauh ini diketahui sebanyak 25 pemilik iPhone X mengunggah gambar smartphone mereka yang bermasalah itu di media sosial dan laman dukungan pelanggan Apple.

"Saya sedang menggunakan ponsel baru ini dan tiba-tiba hal ini terjadi (muncul garis hijau). Warnanya sangat terang dan berada di sisi kanan ponsel saya," tulis salah seorang pemilik iPhone X.

Selain layar, sejumlah iPhone X juga dikabarkan mengeluarkan suara berdengung dan berderak yang ke luar dari lubang speaker.

Menurut laporan tersebut, suara berdengung itu terdengar jelas terutama saat volume iPhone X dinaikkan, bahkan hal ini terjadi pada berbagai situasi. Misalnya saja saat perangkat digunakan untuk bermain dan penggunaan multimedia, hingga saat speaker dinyalakan.

Sebenarnya, saat diluncurkan, iPhone X juga mengalami masalah suara serupa, namun terjadi saat pengguna melakukan panggilan suara. Saat itu Apple menyelesaikan masalah ini dengan memperbarui iOS.

Meski terdengar cukup serius, masalah ini tampaknya hanya terjadi pada sejumlah iPhone X. Pengguna yang terdampak pun disarankan agar pengguna segera menghubungi pihak Apple jika masalah seperti ini terjadi.

2 dari 3 halaman

Face ID Dijebol Bocah

Fitur Face ID di iPhone X mampu dibobol anak berumur 10 tahun. (Doc: USA Today)

Sistem keamanan pemindai wajah di iPhone X, Face ID, berhasil dijebol. Luar biasanya, fitur ini berhasil dibobol oleh seorang anak laki-laki berumur 10 tahun.

Adalah Ammar Malik, anak laki-laki berumur 10 tahun yang berhasil membuka kunci iPhone X milik sang ibu. Uniknya, Ammar tidak menggunakan cara yang aneh dan sulit.

Yang Ammar lakukan hanya mengarahkan sensor Face ID yang terpasang di atas layar iPhone X ke arah dirinya, dan iPhone X pun sudah bisa diakses. Demikian yang dilansir Wired, Kamis (16/11/2017).

"Istri dan saya selalu berkirim pesan sepanjang waktu, dan mungkin ada sesuatu yang tidak seharusnya ia (Ammar) lihat," ungkap Attaullah Malik, ayah Ammar, kepada Wired.

"Karena kejadian ini, istriku harus menghapus seluruh pesan di iPhone X bilamana ada sesuatu yang ia tidak ingin Ammar lihat," tambahnya.

Diketahui, ini bukan kali pertama Ammar mendapatkan akses ke smartphone yang bukan miliknya. Sebelumnya, ia juga pernah membuka 'paksa' ponsel milik sang ayah.

Seperti yang bisa kamu lihat di dalam video di bawah, iPhone X ternyata mengenali wajah Ammar dan bisa dibuka dengan mudah.

(Tin//Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Huawei Rilis Teaser Tanggal Pengumuman Mate 10
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone