Sukses

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Bikin Baterai Android Boros

Ada banyak hal yang membuat baterai smartphone boros, berikut adalah lima di antaranya beserta cara untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android, pernahkah kamu merasa smartphone kamu begitu cepat kehabisan daya alias baterai boros? Jika iya mungkin kamu harus mengecek hal-hal di bawah ini.

Ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu sadari telah membuat baterai smartphone kamu boros. Apa saja?

1. Aplikasi Boros Baterai

Sebagai pengguna Android, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi kesukaan. Namun begitu, kamu perlu mengetahui beberapa aplikasi membuat baterai Android kamu jadi boros.

Untuk mengetahui mana yang membuat baterai cepat habis, kamu bisa mengeceknya di menu Setting > Battery.

Jika aplikasi yang bikin baterai cepat habis itu tidak begitu penting, kamu bisa menghapusnya.

Ilustrasi: Aplikasi di perangkat Android

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baterai atau Charger Bermasalah

2. Baterai Usang atau Charger Bermasalah

Perangkat elektronik apapun pasti memiliki masa pakai, termasuk Android. Bisa jadi, smartphone kamu baterainya sudah usang sehingga baterai terasa boros.

Nah, jika baterainya bisa dibuka dan diganti kamu bisa menggantinya dengan baterai yang lebih baru.

Ilustrasi: Barerai Android (Sumber: Android Pit)

Baterai boros juga bisa disebabkan karena charger kamu rusak. Kalau kondisinya seperti itu kamu hanya perlu mengganti charger dengan yang baru.

Pastikan untuk selalu menggunakan aksesori original agar terlindung dari masalah overheating.

3. Google Play Services

Tahukah kamu, ada satu aplikasi dari Google yang memakan baterai cukup besar, yakni Google Play Services. Sayangnya kamu tidak bisa menghapusnya karena aplikasi ini sangat penting.

Nah, untuk menanggulangi masalah baterai boros karena Google Play Services dengan masuk ke menu Setting > Applications > All > Google Play Services.

Selanjutnya kamu bisa mengklik Clear Cache untuk me-refresh aplikasi tersebut.

Ilustrasi: Google Play

 

3 dari 3 halaman

Auto Brightness

4. Auto Brightness

Salah satu pengaturan yang sangat berguna meskipun sederhana adalah auto brightness pada layar. Dengan mengaktifkan menu auto brightness, kamu tak perlu menyesuaikan pengaturan brightness di berbagai kondisi.

Sayangnya, dengan memilih pengaturan layar auto brightness, baterai smartphone jadi lebih boros. Untuk itu, kamu bisa menonaktifkannya. Caranya dengan mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

Menonaktifkan pengaturan Autobrightness (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

5. Perpendek Waktu Sleep

Tahukah kamu, semakin sering layar smartphone menyala, makin banyak daya baterai yang terpakai. Nah, salah satu trik untuk menghemat penggunaan baterai dengan memperpendek waktu sleep alias screen timeout kamu.

Jika sebelumnya kamu memilih 10 menit, kamu bisa memilih waktu 30 detik sebelum layar padam. Dengan begitu, layar smartphone langsung padam 30 detik setelah tak disentuh dan baterainya pun lewat hemat.

Atur waktu screen timeout (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.