Sukses

Google Assistant Kini Dapat Bantu Atasi Masalah di Android

Liputan6.com, Jakarta - Google Assistant dikenal sebagai asisten virtual yang dapat digunakan pemakai Android untuk mempermudah sejumlah tugas memanfaatkan perintah suara, mulai dari berkirim pesan hingga membuat pengingat.

Kini, Google dilaporkan telah menambah fitur asisten virtual tersebut dengan kemampuan mengetahui masalah di perangkat Android. Informasi ini diketahui dari sejumlah laporan pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang menjalankan Android 8.1 Oreo. 

Karenanya, kemungkinan fitur ini hanya tersedia eksklusif untuk dua perangkat tersebut. Namun dikutip dari Android Headlines, Senin (20/11/2017), pengguna Pixel 2 XL yang masih menjalankan Android 8.0 juga bisa mengakses fitur ini.

Lantas, perintah seperti apa yang dapat diselesaikan oleh Google Assistant? Berdasarkan laporan awal, asisten virtual ini dapat memberikan solusi, mulai dari masalah baterai, Bluetooth, termasuk masalah di aplikasi kamera.

Beberapa perintah yang dapat diberikan adalah 'ponsel saya tak dapat mengisi lebih dari 90 persen' atau 'saya memiliki masalah Bluetooth'. Sementara masalah untuk komponen Wi-Fi, GPS, dan NFC belum tersedia karena memang tak mendukung perintah suara.

Nantinya, Google Assistant akan membalas pertanyaan tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari perangkat. Setelah itu, asisten virtual ini akan memberikan solusi yang sebaiknya dilakukan pengguna.

Akan tetapi, belum dapat dipastikan fitur ini juga menyambangi pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL di Amerika Serikat atau tidak. Sebab hingga saat ini, kebanyakan laporan berasal dari pengguna di negeri Paman Sam tersebut.

1 dari 2 halaman

Fitur anyar di Google Assistant

Sebelumnya, Google juga telah membenamkan fitur pengenal lagi di Google Assistant. Kini, pengguna dapat memberi perintah "what song is this?" atau "what song is playing" saat Google Assistant terbuka.

Lalu, asisten virtual ini akan memberikan nama lagu dan penyanyi termasuk sejumlah tautan ke Spotify atau YouTube. Dengan ini, Google Assistant dapat berperan layaknya aplikasi lain, seperti Soundhound atau Shazam. 

Akan tetapi, fitur ini belum menyambangi seluruh perangkat Android. Besar kemungkinkan, Google baru akan meluncurkan kemampuan ini secara bertahap untuk perangkat Android.

Sekadar informasi, kemampuan semacam ini sebenarnya telah ada di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kemampuan bernama "Now Playing" ini memungkinkan perangkat tersebut mengenali lagu yang sedang diputar dalam keadaan terkunci.

Asyiknya lagi, fitur ini dapat berjalan tanpa koneksi internet sekalipun. Raksasa internet itu juga memastikan tak ada data yang disimpan perusahaan karena seluruhnya ada di dalam perangkat.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware