Sukses

Memesona, Teleskop Hubble Abadikan 6 Foto Cantik Antariksa

Liputan6.com, Jakarta - Luar angkasa masih jadi salah satu hal misterius yang menarik perhatian banyak orang. Tak sedikit ilmuwan di seluruh dunia pun menghabiskan waktu untuk mencari tahu berbagai hal terkait dengan fenomena di luar angkasa.

Lembaga antariksa Amerika Serikat NASA bersama lembaga antariksa Eropa meluncurkan sebuah teleskop luar angkasa Hubble tahun 1990 untuk menguak lebih banyak informasi.

Sejak diluncurkan, teleskop Hubble telah membuat observasi pada lebih dari 1 juta kejadian di luar angkasa. Teleskop Hubble dipercaya terletak 340 mil di atas Bumi. Teleskop dengan kecepatan orbit 17.000 mil per jam itu juga menangkap berbagai penampakan di berbagai galaksi.

Mengutip International Business Times, Selasa (21/11/2017), minggu ini teleskop Hubble berhasil menangkap foto Galaksi NGC 4625. Tampak dalam foto, galaksi tersebut tampak bercahaya dengan bentuk spiral.

	Hasil foto Galaksi NGC 4625 yang tertangkap Teleskop Hubble (Sumber: NASA)

Selain itu, teleskop Hubble juga menangkap berbagai foto menakjubkan lainnya. Penampakan lain yang berhasil tertangkap adalah Galaksi NGC 1596.

	Galaksi NGC 1596 yang tertangkap oleh Teleskop Hubble (Sumber: NASA)

 

1 dari 3 halaman

Teknologi Kamera

Sekadar diketahui, pada tahun 2002, sejumlah astronot menambahkan teknologi kamera, Advanced Camera for Surveys. Dengan kamera tersebut, penampakan luar angkasa terlihat yang tertangkap dari teleskop Hubble dua kali lebih jelas dibanding sebelumnya.

	Hasil tangkapan teleskop Hubble dengan teknologi kamera baru, Advanced Camera for Surveys (Sumber: NASA)

Selama masa orbitnya, teleskop Hubble telah berhasil menyajikan data kepada ilmuwan terkait dengan usia jagat raya yakni sekitar 13-14 miliar tahun. Sebelum misi Hubble, usia jagat raya dipercaya sekitar 10-20 miliar tahun.

Berkat Hubble pula, NASA di tahun 2016 berhasil merilis animasi tentang perjalanan sebuah galaksi berusia 13,4 miliar tahun.

Penampakan lain yang juga ditangkap teleskop ini adalah kabut menyerupai awan, bernama Horsehead Nebula.

	Horsehead Nebula yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble (Sumber: NASA)

 

 

2 dari 3 halaman

Kumpulan Bintang hingga Lubang Hitam

Foto selanjutnya yang dijepret teleskop Hubble adalah kumpulan bintang dari galaksi Bimasakti (Milky Way).

	Kumpulan bintang Galaksi Bimasakti yang tertangkap teleskop Hubble (Sumber: NASA)

Tampak dalam foto, bintang-bintang berkilau seperti permata dengan latar belakang kabut.

Bahkan, teleskop Hubble juga berhasil menangkap terbentuknya fenomena lubang hitam dari bintang-bintang yang telah mati.

Proses terbentuknya lubang hitam tertangkap oleh teleskop Hubble (Sumber: NASA)

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: