Sukses

Bos Apple: Tujuan Kami Adalah Membuat Produk Terbaik

Eksekutif Apple menjelaskan apa yang membuat harga iPhone X mahal.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone X adalah smartphone termahal yang pernah dijual Apple dengan harga termurahnya US$ 999. Harga jual yang tinggi ini pun menjadi sorotan di luar fitur unggulannya, hingga akhirnya membuat eksekutif perusahaan buka suara.

Senior Vice President of Hardware Engineering Apple, Dan Riccio, dalam sebuah sesi wawancara dengan Time menjelaskan sejumlah hal yang membuat harga iPhone mahal dibandingkan perangkat lain di pasaran saat ini. Menurut Riccio, budaya Apple yang sebisa mungkin ingin membuat produk terbaik, pada akhirnya memengaruhi harga jual.

"Tujuan kami adalah selalu memberikan apa yang kami anggap sebagai produk terbaik, dan harganya tidak harus selalu murah," jelas Riccio, seperti dikutip dari Softpedia, Senin (20//11/2017).

Apple memang selalu menjual smartphone terbaru dengan harga cukup tinggi, tapi perusahaan selalu menurunkan harga jual varian lama. Salah satu contohnya, Apple memangkas harga jajaran generasi iPhone sebelumnya setelah peluncuran smartphone terbarunya pada tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Sekadar Ponsel

Chief Design Officer Apple, Jony Ive, juga turut mengomentari soal harga jual iPhone. Ia mengakui iPhone memang selalu mahal dibandingkan para rivalnya karena produk tersebut dinilai bukan sekedar ponsel, melainkan juga bisa menyuguhkan berbagai fungsi yang lebih maju.

Ive kemudian merujuk pada iPhone original yang dirilis satu dekade lalu dengan harga US$ 500 dan dianggap sangat mahal saat itu, tapi kenyataanya meraup kesuksesan besar. Ia meyakini kunci kesuksesan iPhone karena smartphone tersebut bisa melakukan lebih banyak hal daripada ponsel biasa.

Keunggulan iPhone sebagai lebih dari sebuah ponsel sejatinya sudah diembuskan sejak lama. Pendiri Apple, Steve Jobs, dahulu memperkenalkan iPhone sebagai sebuah iPod, ponsel serta komunikator internet, dan semua kemampuan tersebut telah berkembang selama 10 tahun terakhir.

Apple memang selalu merilis iPhone terbaru dengan harga tinggi, terutama iPhone X. Harga jual iPhone X paling murah adalah US$ 999 untuk versi memori internal 64GB dan paling mahal US$ 1.149 versi 256GB.

Proses produksi iPhone X sendiri tidak berjalan begitu mulus, mulai dari kesulitan memenuhi pasokan panel OLED hingga material yang lain. Namun, meski dijual dengan harga tinggi, iPhone X tetap berhasil memikat perhatian para konsumen di berbagai negara termasuk Korea Selatan. iPhone X habis terjual dalam waktu tiga menit setelah pre-order dibuka di negara tersebut.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.