Sukses

Gempur Pasar India, Xiaomi Siap Rilis Produk Baru

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan siap melakukan ekspansi besar-besaran ke sejumlah negara. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu berencana memperluas pasar India dengan melakukan investasi besar-besaran.

Salah satu langkah pertama yang Xiaomi lakukan di negara tersebut adalah memperkenalkan smartphone anyar dalam waktu dekat. Dikutip dari Android Central, Rabu (22/11/2017), keberadaan smartphone ini sudah diungkap petinggi Xiaomi India, Manu Kumar Jain.

Ia sempat mengungkap nama dari seri smartphone ini. Ia menuturkan, perangkat anyar ini memiliki nama yang mengandung unsur huruf "I".

"'I' akan segera datang! Siapa yang bisa menjawab apa ini," tulis pria tersebut di akun Twitternya. Meski tak ada informasi tambahan mengenai perangkat ini, besar kemungkinan smartphone ini hanya ditujukan di pasar India.

Di sisi lain, CEO Xiaomi Lei Jun memang telah berencana untuk mendatangkan lebih banyak produk ke India. Apabila saat ini hanya ada sekitar 20 produk, dalam beberapa bulan ke depan, produk yang hadir dipastikan akan lebih banyak.

Ia juga berencana menyiapkan lebih banyak produk Xiaomi yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Karena itu, perusahaan tersebut berencana menyiapkan fasilitas riset dan pengembangan di Bengaluru pada masa yang akan datang.

"Kami harus mengerti kebutuhan dan kesukaan pengguna. Bahkan, kami sudah meminta beberapa anggota tim untuk pergi ke India dan membuat produk yang spesifik di negara ini, termasuk membuat produk yang tak dijual di Tiongkok," ujarnya beberapa waktu lalu.

1 dari 2 halaman

Langkah Xiaomi di Indonesia

Strategi serupa juga diterapkan di Indonesia. Saat berkunjung ke Indonesia September 2017, CEO Xiaomi Lei Jun menyebut pihaknya berjanji akan membawa lebih banyak produk selain smartphone ke Tanah Air.

"Dalam satu atau dua tahun, kami secara bertahap akan memasukkan lebih banyak produk terbaik ke Indonesia," ujarnya. Jun menuturkan, Indonesia merupakan salah satu pasar utama Xiaomi, selain Tiongkok dan India.

Karena itu, perusahaan tersebut sudah menyiapkan sejumlah produk yang cocok dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Beberapa produk yang disiapkan adalah payung dan kacamata sun glasses yang dianggapnya cocok untuk pasar Indonesia.

"Saat ini memang masih banyak yang mengenal produk Xiaomi hanya smartphone, tapi ke depannya akan lebih banyak yang produk lain hadir di sini," tuturnya.

Bukti keseriusan Xiaomi untuk menggarap pasar Indonesia sudah terlihat dari kehadiran tiga Mi Store di wilayah Jakarta dan Bekasi. Toko yang menjual segala produk Xiaomi itu terletak di Mal Pondok Indah, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Mall Bekasi.

Toko ini hadir untuk memberikan kesempatan bagi para pelanggan melihat dan merasakan langsung produk Xiaomi. Sejumlah produk yang kini sudah tersedia, di antaranya koper, notebook, speaker, termasuk tas panggung.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut: 

 

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Jual 25 Juta Unit Smartphone di India
Artikel Selanjutnya
Megahnya Toko Resmi Xiaomi di Serpong