Sukses

Tips Liburan Asyik dengan Aplikasi Google

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi penelusuran Google atau Google App kembali merilis inovasi baru untuk memberikan kemudahan dalam menemukan informasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Melalui kampanye bertajuk #LiburanDenganGoogle, aplikasi Google menghadirkan fitur knowledge panel untuk membantu pengguna mengambil keputusan sebelum melakukan perjalanan.

Aplikasi Google kini bisa menampilkan pilihan hotel, informasi seperti foto, ulasan, lokasi dan harga secara komprehensif. Selain itu, pengguna juga bisa langsung melihat perbandingan harga dan promosi di Google. Fitur baru ini diklaim dapat membantu pengguna mengambil keputusan sesuai dengan biaya sebelum melakukan pemesanan.

"Bulan November adalah saat banyak masyarakat Indonesia mulai mencari dan merencanakan liburan akhir tahun mereka. Dengan banyaknya pilihan dan penawaran di internet, kami mendesain aplikasi Google untuk membantu Anda mengambil keputusan dengan lebih cepat dan mudah, dari urusan harga hingga pilihan lokasi," kata Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti.

Seiring dengan kehadiran fitur baru ini, Google memberikan lima cara mudah merencanakan liburan dengan aplikasinya.

1. Cari perbandingan harga tiket pesawat

Cari perbandingan harga tiket pesawat (Foto: Google)

Pada aplikasi Google, cukup ketik atau gunakan pencarian suara "Ok Google" dengan kata kunci, misalnya, "Tiket ke Bali". Lalu akan muncul beberapa informasi penerbangan dari fitur Google Flights berupa deretan maskapai yang bisa dipilih mulai dari harga terendah hingga termahal.

Untuk melihat informasi lebih rinci, pengguna cukup mengklik tanda panah di bagian bawah bertuliskan "Tampilkan penerbangan". Setelah itu, kalian bisa mengurutkan maskapai penerbangan berdasarkan harga, waktu dan durasi penerbangan.

2. Temukan hotel terbaik

Temukan hotel terbaik (Foto: Google)

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur "filter" untuk mencari hotel yang diinginkan seperti yang memiliki promo, paling disukai hingga mewah. Ada banyak informasi hotel sesuai dengan preferensi seperti jumlah tamu, harga maksimal per malam, kelas hotel hingga peringkat dari pengguna.

Misalnya, saat melakukan pencarian dengan kata kunci "Hotel di Bali" di Google App, kemudian akan muncul daftar hotel di wilayah tersebut. Kalian juga bisa bisa melihat foto-foto hotel tersebut.

 

1 dari 2 halaman

Yuk, Rencanakan Liburan Asyik dengan Aplikasi Google (II)

3. Temukan atraksi menarik

Temukan atraksi menarik (Foto: Google)

Cukup ketik "Atraksi di Lombok" atau "Atraksi di Surabaya" pada aplikasi Google, kalian akan mendapatkan beberapa rekomendasi tempat menarik terpopuler di destinasi liburan yang diinginkan. Kalian juga bisa melakukan pencarian mengenai wilayah lain seperti Bukittinggi dan Bangka Belitung.

Hasil pencarian pun dilengkapi dengan foto-foto menarik dan informasi bermanfaat lainnya.

4. Pemandu wisata

Google menjadi pemandu wisata (Foto: Google)

Aplikasi Google sekaligus bisa menjadi pemandu wisata digital yang bermanfaat. Jika kurang mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi, maka kalian bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.

Google App akan memberikan saran perjalanan yang menarik, seperti mengenai waktu kunjungan terbaik. Misalnya setelah melakukan pencarian suara atau mengetik "Atraksi di Lombok", untuk melihat rincian informasinya maka kalian harus mengklik pilihan "Tempat populer lainnya di Pulau Lombok". Lalu akan ada deretan pilihan di bagian atas yang bisa digeser, kemudian pilih "Pemandu Wisata".

5. Rencanakan biaya perjalanan

Rencanakan biaya perjalanan (Foto: Google)

Kalian juga bisa merencanakan perjalanan sesuai dengan biaya yang dimiliki. Aplikasi Google secara otomatis akan memberikan perkiraan harga perjalanan yang sesuai dengan isi kantong.

Dalam aplikasi Google, cukup gunakan pencarian suara atau ketik, misalnya, "Atraksi di Lombok". Kemudian pilih "Tempat populer lainnya di Pulau Lombok", lalu akan ada deretan pilihan di bagian atas yang bisa digeser dan pilih "Rencanakan Perjalanan".

Kalian dapat menyesuaikan opsi seperti tanggal keberangkatan, lamanya waktu menginap, rincian lain seperti kelas hotel dan informasi transit yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan liburan.

Lima tips sederhana ini bisa menjadi pertimbangan kalian yang ingin merencanakan liburan. Namun untuk melakukannya, kalian harus terlebih dahulu memiliki aplikasi Google atau Google App yang bisa diunduh di Play Store. Selamat mencoba!

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir