Sukses

Koneksi Internet iPhone Bakal 62 Kali Lebih Cepat di 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Selama 10 tahun eksistensi iPhone di pasar smartphone ditandai dengan peluncuran iPhone X. Perangkat yang hadir tanpa tombol "Home" ini menjadi perhatian banyak orang karena fitur-fitur barunya yang dianggap sangat canggih.

Kira-kira Apple akan menghadirkan teknologi apa lagi ya untuk iPhone yang dirilis tahun depan?

Terbaru, analis KGI Securities Ming Chi-Kuo memperkirakan, tahun depan iPhone mungkin akan didukung oleh teknologi gigabit LTE.

Mengutip Mashable, Jumat (24/11/2017), kehadiran teknologi gigabit LTE ini dipercaya akan meningkatkan kecepatan unggah dan unduh internet pada iPhone.

Kuo mengatakan, iPhone generasi berikutnya akan hadir dengan pembaruan antena yang membuat koneksi lebih cepat. Salah satunya penggunaan papan sirkuit "liquid crystal polymer" untuk meningkatkan penerimaan wireless.

Dengan penggunaan teknologi baru, koneksi internet pun akan jauh lebih cepat. Sekadar informasi, secara teoretis, gigabit LTE memungkinkan perangkat untuk mengunduh dengan kecepatan setara 1Gbps.

Dengan kecepatan seperti itu, menurut T-Mobile, sebuah film berdurasi 2 jam bisa diunduh dalam 15 detik. Teknologi gigabit LTE diperkirakan bisa meningkatkan kecepatan internet jadi 62 kali lipat dibanding kecepatan saat ini.

Perlu diketahui, kendati teknologi di dalamnya telah memungkinkan koneksi internet sangat cepat, tentunya koneksi internet juga dipengaruhi kecepatan internet itu yang disajikan oleh operator. Di New York misalnya, kecepatan internet operator T-Mobile bisa mencapai 30-50Mbps.

Jika bocoran informasi ini akurat, iPhoneakan mengejar beberapa perangkat Android yang telah menerapkan teknologi gigabit LTE. Misalnya saja Samsung Galaxy S8. 

1 dari 2 halaman

iPhone Bakal Hadirkan Slot SIM Ganda

Selain diprediksi menghadirkan teknologi gigabit LTE untuk mempercepat penerimaan internet pada perangkat, Apple dikabarkan merilis iPhone dengan fitur dual SIM pada tahun depan. Namun, fitur dual SIM ini hanya akan dimiliki satu varian iPhone.

Kuo menjelaskan setidaknya satu varian iPhone 2018 akan hadir dengan dual-SIM dual standy (DSDS). Kehadiran dual SIM ini karena Apple ingin memberikan sejumlah upgrade yang besar dibandingkan dengan iPhone yang ada di pasar saat ini.

Fitur dual SIM dimiliki oleh banyak smartphone berbasis OS Android, sedangkan sejauh ini belum ada satu pun iPhone memilikinya. Kebanyakan smartphone Android dengan dual SIM mendukung jaringan LTE+3G, sehingga Apple berencana melakukan hal yang sedikit berbeda.

ilustrasi: slot kartu SIM ganda pada smartphone

Menurut catatan Kuo, fitur dual SIM pada iPhone akan sama-sama bisa kompatibel dengan jaringan LTE. Artinya, kecepatan transmisi LTE akan tersedia pada kedua koneksi tersebut.

Prediksi mengenai kehadiran dual SIM ini menimbulkan pertanyaan lain tentang desain iPhone 2018. Jika Apple benar berencana mengintegrasikan dukungan dual SIM pada perangkatnya, slot SIM akan memakan lebih banyak tempat dan hal ini kemungkinan berdampak pada desain iPhone.

Apple sendiri sejauh ini belum memberikan konfirmasi apa pun mengenai rencananya untuk iPhone 2018. Perusahaan asal Negeri Paman Sam tersebut dikenal enggan mengomentari berbagai rumor dan prediksi tentang produk yang belum diumumkan.

Sikap Apple tersebut tidak membuat bocoran informasi mengenai jajaran produk terbarunya berhenti beredar, termasuk soal iPhone 2018. Apple untuk tahun depan diprediksi akan menggunakan layar OLED untuk lebih banyak varian iPhone.

Selain itu, fitur Face ID juga akan dimiliki oleh semua iPhone yang diumumkan pada tahun depan, meski akan ada perbedaan ukuran layar. Face ID saat ini hanya eksklusif tersedia pada iPhone X.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Analis: AirPods Bakal Kuasai Pasar Headset Wireless Dunia
Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut