Sukses

Telkom Sediakan Fasilitas IT di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Liputan6.com, Medan - Dalam rangka mengantisipasi tingginya trafik telekomunikasi pada pesta adat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Kahiyang-Bobby) yang digelar pada 24-26 November 2017, Telkom meningkatkan kapasitas jaringan serta menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi.

Keberadaan warga yang cukup ramai di sekitar lokasi acara adat puteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diperkirakan akan menyebabkan meningkatnya trafik telekomunikasi.

Dukungan yang disediakaan Telkom untuk seluruh pengunjung dan awak media di pesta adat Kahiyang-Booby adalah sarana media center dengan infrastruktur jaringan Astinet 300 Mbps yang dilengkapi dua titik IndiHome berkecepatan masing-masing 100 Mbps.

Selain itu, khusus untuk menunjang kegiatan pengamanan acara di Posko Utama Perhubungan Kodam (Hubdam) I/BB, TelkomGroup juga menyiapkan fasilitas Astinet 10 Mbps, IndiHome 10 Mbps, Metro untuk CCTV dengan kapasitas 44 Mbps dan 24 Mbps, serta enam access point Wifi.id dengan kecepatan masing-masing 100 Mbps.

Executive Vice President Telkom Regional 1 Sumatera S. Susatyo mengatakan, selain menjaga kualitas infrastruktur telekomunikasi yang dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung, Telkom juga menyiagakan petugas di posko khusus.

“Untuk menjaga kenyamanan seluruh tamu undangan dan masyarakat dalam berkomunikasi, khususnya menjamin kelancaran akses broadband, Telkom juga menyiagakan petugas khusus di Posko Pengawalan Operasional Layanan 24 Jam,” ujar S. Susatyo memalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/11/2017).

Sementara itu, anak usaha Telkomsel juga turut melakukan pengawalan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan komunikasi seluler pelanggan dan masyarakat.

Selain melakukan optimalisasi jaringan, Telkomsel juga meningkatkan kapasitas jaringan di seluruh titik penting selama acara berlangsung.

 

1 dari 2 halaman

Pesta Adat Berlangsung Semalam Suntuk

Serangkaian acara adat khas Tapanuli Selatan untuk Kahiyang Ayu-Bobby Nasution kembali dilangsungkan. Khusus acara adat yang dimulai dengan penyembelihan kerbau atau Manalpokkon Lahan (pulungan), akan berlangsung semalam suntuk hari ini.

Para raja adat akan berkumpul pada malam harinya guna memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang-Bobby, yang diakhiri dengan manortor atau menari tor-tor secara bergantian, sampai Sabtu, 25 November 2017, pukul 08.00 pagi. Satu jam kemudian, acara adat yang lain dijalankan lagi.

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar yang bertindak sebagai Suhut mengatakan, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru, dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution.

Setelah penyembelihan kerbau, acara akan dilanjutkan dengan manyantan gordang sambilan dan gonda, membuka galang-galang atau manortor bagian pertama, mangaloalo mora di balakka sitolu-tolu, dan istirahat sebentar untuk melaksanakan salat Jumat bersama.

Dari jadwal yang diterima Liputan6.com, pukul 02.00 WIB siang acara dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati kumandang azan magrib.

"Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tor-tor dari Surut, Anak Boru, sampai pihak raja-raja.

"Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tor-tor, akan kita persilakan," kata Doli kepada Liputan6.com di Medan, Sumatera Utara.

Manortor kedua atau Margalanggang inilah yang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 sampai 08.00 pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya.

(Isk/Ysl)