Sukses

Harga iPhone X Melambung 2 Kali Lipat di Negara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi dijual mulai 3 November 2017, Apple mulai menjual iPhone X ke berbagai negara secara bertahap.

Terbaru, iPhone X diperkirakan akan menyambangi sejumlah negara di Amerika Selatan, yakni di Brasil, Chili, dan Kolombia. iPhone X kemungkinan hadir pada awal Desember 2017.

Kendati begitu, di laman Apple Amerika Selatan, tertera hal mengejutkan untuk iPhone X.

Dikutip dari Softpedia, Sabtu (25/11/2017), jika seorang calon pembeli mengklik tombol "Buy" iPhone X, mereka dikejutkan dengan banderol harga yang jauh lebih mahal dibandingkan harga iPhone X di negara asalnya.

Tertera, harga iPhone X sebesar R$ 6.999 atau sekitar US$ 2.170 (setara Rp 29,3 jutaan. Harga ini dua kali lipat dibandingkan harga iPhone X di Amerika Serikat.

Penyebabnya karena pajak yang diterapkan untuk produk impor sangatlah tinggi. Selain itu, penyebab lainnya karena Brasil menerapkan undang-undang tenaga kerja yang sangat ketat. Dengan demikian, biaya produksi Apple lebih mahal di Brasil dibandingkan di Amerika Serikat.

Sebelumnya, iPhone X juga dikabarkan menyambangi berbagai negara lainnya di seluruh dunia. Mulai 24 November, iPhone X hadir di Israel, Albania, Bosnia, Kamboja, Kosovo, Makau, Makadonia, Malaysia, Montenegro, Serbia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, dan Turki.

1 dari 3 halaman

iPhone X di Indonesia

Setelah dijual 3 November lalu, beberapa penjual di toko online Indonesia memanfaatkan kemeriahan penjualan iPhone X untuk ikut menjual produk penanda 10 tahun kehadiran iPhone di pasar smartphone itu. 

Tidak jauh berbeda dengan harga iPhone X di Brasil, saat itu beberapa pihak menjual iPhone X dengan harga sangat mahal. 

iPhone X dijual di Indonesia tapi harganya sangat mahal (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Penelusuran Tekno Liputan6.com, pada Sabtu 4 November 2017, salah satunya penjual iPhone X tak resmi ditemukan di Tokopedia. Si penjual menawarkan 2 varian iPhone X dalam balutan warna silver atau space gray.

Untuk varian ROM 64GB, iPhone X dibanderol dengan harga Rp 26,2 juta. Sedangkan untuk varian ROM 256GB dibanderol Rp 28,2 juta.

Tentunya harga ini sangat jauh dari harga asli iPhone X, yakni termurah US$ 999 atau setara Rp 13,5 jutaan untuk varian ROM 64GB.

Pada lapaknya, si penjual menuliskan waktu proses pre-order hingga barang tiba selama 4 minggu. Dia juga menjamin iPhone X yang dijualnya masih disegel dan mendapatkan garansi 1 tahun dari Apple Store resmi.

2 dari 3 halaman

Sudah Penuhi TKDN Indonesia

Sekadar diketahui, di Indonesia sebenarnya iPhone X sudah mengantongi sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Hal ini terungkap dari laman Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Ada tiga jenis iPhone yang mendapatkan sertifikat per tanggal 13 Oktober 2017 yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Adapun sertifikat diberikan kepada PT. Apple Indonesia.

Pada salah satu dokumennya, tertulis iPhone X telah memenuhi TKDN 30 persen.

Pada laman P3DN Kementerian Perindustrian tercatat iPhone X telah mengantongi sertifikat TKDN (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kendati sudah mendapatkan sertifikat TKDN, sayangnya sampai saat ini belum diketahui kapan iPhone X akan hadir di Indonesia secara resmi. 

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Kota dengan Harga Properti Mewah Termahal di Dunia
Artikel Selanjutnya
Usai Menguji Level Rendah, Harga Minyak Mulai Pulih