Sukses

iPhone X Versi Murah Meluncur Tahun Depan?

Liputan6.com, Jakarta - Apple diperkirakan tertarik untuk merilis iPhone X versi murah pada tahun depan. Kehadiran smartphone tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen, mengingat harga mahal iPhone X diperkirakan sebagai salah satu yang mengambat konsumen membelinya.

iPhone X adalah smartphone termahal Apple yang dijual dengan harga mulai dari US$ 999 dan paling mahal US$ 1.149. Agar bisa merilis varian iPhone X dengan harga lebih murah, Apple diperkirakan akan menggunakan sejumlah material berbeda.

Analis Rosenblatt, Jun Zhang, dalam catatannya kepada para investor mengungkapkan bahwa Apple kemungkinan mengatasi masalah harga tersebut dengan tidak menggunakan layar OLED seperti pada iPhone X. Pilihan akan jatuh pada layar LCD, sehingga smartphone tersebut bisa dijual dengan harga lebih murah.

Menurut sejumlah riset, biaya perakitan layar merupakan bagian paling mahal dari iPhone X. Hal ini diyakini membuat harga iPhone X setidaknya dua kali lebih mahal daripada panel LCD.

iPhone X kemungkinan akan dirilis pada tahun depan. Namun, belum ada informasi mengenai kepastian waktu peluncurannya.

 

1 dari 2 halaman

Harga Tidak Lebih dari US$ 749

iPhone X versi layar LCD kemungkinan akan memiliki desain mirip dengan iPhone X, meski belum bisa dipastikan apakah fitur-fitur lainnya akan sama. Apple sejauh ini dikenal lihai mengoptimalkan layar LCD untuk bisa menghasilkan performa bagus, sehingga seharusnya tidak ada masalah untuk menerapkan hal serupa pada iPhone X versi murah.

iPhone X versi murah ini kemungkinan mengusung nama iPhone 8S. "Kami yakin Apple mungkin menurunkan harga iPhone X dengan menggunakan layar LCD pada tahun depan, sehingga membuat iPhone 8S lebih berbeda dari iPhone 7 dan 8," jelas Zhang.

Analis KGI, Ming-Chi Kuo juga merilis perkirakaan yang sama baru-baru ini. Ia mengklaim lini iPhone 2018 akan hadir dalam tiga varian, yang dua di antaranya menggunakan layar OLED, sedangkan satu lagi dengan LCD. Penggunaan layar LCD ini agar bisa membuat harganya lebih terjangkau.

Kuo memperkirakan iPhone LCD akan dijual dengan harga berkisar US$ 649 hingga US$ 749. Fitur-fitur iPhone X seperti kamera 3D untuk Face ID kemungkinan besar juga akan dimiliki oleh versi murahnya.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?