Sukses

Gunung Agung Meletus, Warganet Tebar Foto Kondisi Terkini

Seperti apa kondisi terkini Gunung Agung saat meletus? Kamu bisa cari tahu lewat foto-foto yang diunggah warganet via Twitter berikut ini.

Liputan6.com, Karangasem - Setelah meletus, Gunung Agung kembali mengalami erupsi pada Sabtu (25/11/2017) pukul 17.30 Wita. Erupsi menebar abu hitam setinggi 2.500 meter di atas puncak Gunung Agung.

Penampakan erupsi Gunung Agung ini pun tak luput dari kamera warganet. Pada Minggu siang (26/11/2017), ada banyak foto yang memperlihatkan kondisi terkini erupsi Gunung Agung lewat Twitter.

Saking banyaknya foto yang beredar di lini masa, Gunung Agung pun lagi-lagi menjadi trending topic di Twitter. Hingga berita ini naik, Gunung Agung menduduki peringkat ketiga trending topic Indonesia dengan jumlah lebih dari 14.000 twit.

Untuk lebih lengkapnya, simak apa saja twit dan foto yang diunggah warganet via Twitter di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Abu Vulkanik Mengarah ke Timur

Seperti disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, erupsi terakhir Gunung Agung terjadi Minggu (26/11/2017).

Peristiwa itu berawal pada pukul 05.05 WITA. Sutopo mengungkapkan, tinggi kolom abu kelabu gelap bertekanan sedang mencapai 2.000 meter. Selanjutnya, ketinggian mencapai 3.000 meter pada pukul 05.45 WITA.

Pukul 06.20 WITA tinggi erupsi Gunung Agung mencapai 3.000 meter hingga 4.000 meter dari puncak mengarah ke tenggara dengan kecepatan 18 km per jam.

"Analisis sebaran abu vulkanik dari satelit Himawari BMKG menunjukkan bahwa sebaran abu mengarah ke Timur hingga Tenggara menuju daerah Lombok," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Ia menjelaskan, sifat dan arah sebaran abu vulkanik tergantung dari arah angin. Hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa tempat seperti di Desa Duda Utara, Desa Duda Timur, Desa Pempetan, Desa Besakih, Desa Sideman, Desa Tirta Abang, Desa Sebudi, Desa Amerta Bhuana di Klungkung.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) menaikan peringatan penerbangan dari Orange menjadi Red.

Status Gunung Agung sendiri masih Siaga (level 3). Sutopo mengatakan, masyarakat direkomendasikan berada di luar radius 6-7,5 km dari puncak kawah.

"Masyarakat yang masih ada di dalam radius berbahaya segera mengungsi dengan tertib," ujar Sutopo.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.