Sukses

Pencuri Buka Pintu Mobil via Aplikasi dalam Hitungan Detik

Pencuri ini hanya membutuhkan waktu sekitar 60 detik untuk membuka Mercedes-Benz tanpa harus memecahkan kaca jendela mobil.

Liputan6.com, West Midlands - Beberapa mobil dari merek kenamaan biasanya memiliki fitur yang memungkinkan pengendara membuka pintu mobil dari jarak jauh melalui sebuah aplikasi, atau unlocking.

Dengan fitur baru tersebut, kamu tak perlu memasukkan kunci atau menekan remote, selama kamu (dan kunci kendaraan) berada dalam jarak tertentu. Meski terkesan canggih, sayangnya hal itu menimbulkan beberapa masalah keamanan.

Baru-baru ini, dua pencuri di West Midlands, Inggris, hanya membutuhkan waktu sekitar 60 detik untuk membuka Mercedes-Benz tanpa harus memecahkan kaca jendela atau merusak pintu mobil.

Rekaman video yang dirilis oleh para penyelidik menunjukkan dua pria mendatangi sebuah rumah di mana tempat mobil sedan tersebut diparkir.

Salah satu dari mereka mendekati pintu depan rumah sambil memegang kotak relay (sakelar) di tangannya. Setelah menggoyangkan relay di pintu depan rumah, pintu mobil itu langsung terbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja Relay

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (28/11/2017), kemungkinan kotak relay yang dipakai si pencuri "mencuri" sinyal kunci mobil yang ada di dalam rumah korban.

Kemudian sinyal itu mengalir ke kotak kedua yang ada di samping mobil, sehingga kunci mobil dapat terbuka. Semua ini terjadi dalam waktu kurang dari satu menit.

Setelah kejadian tersebut, polisi mengimbau kepada para pemilik mobil untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan seperti kunci roda kemudi.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.