Sukses

Gelar Cloud Summit, Google Bahas Pentingnya Transformasi Digital

Cloud Summit pertama di Indonesia ini mempertemukan 1.800 eksekutif, pelanggan, mitra, developer, manajer IT, dan engineer Google.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan cloud kini mulai banyak digunakan oleh perusahaan sebagai bagian dari transformasi digital, termasuk di Indonesia. 

Untuk memperluas adopsi cloud di Indonesia, Google yang lebih dikenal sebagai penyedia layanan mesin pencarian untuk end-user ini menggelar Cloud Summit pertamanya di Indonesia, Selasa (28/11/2017).

Cloud Summit ini mempertemukan 1.800 eksekutif, pelanggan, mitra, developer, manajer IT, dan engineer Google guna membangun masa depan layanan cloud di Indonesia.

Managing Director Google Cloud Asia Pasific Rick Harshman mengatakan, "Google membawa layanan cloud ke beragam bisnis di Indonesia untuk membantu mereka dalam memberikan solusi khusus melalui berbagai platform dan perangkat."

Adapun Cloud Summit yang diadakan Google ini membahas mengenai pentingnya cloud bagi pelaku bisnis seiring perkembangan teknologi.

Sekadar informasi, cloud adalah teknologi yang menitikberatkan pada kecepatan, kegesitan, kolaborasi, pengetahuan, dan transparansi melalui teknologi machine learning atau pembelajaran mesin.

Head of Google Cloud Asia Tenggara Tim Synan menambahkan, meskipun Cloud Summit ini digelar untuk yang pertama kalinya di Indonesia, ia terkesan dengan antusiasme para peserta Cloud Summit ini.

"Mendengar perbincangan pelaku bisnis Indonesia mengenai bagaimana mereka menggunakan teknologi cloud dan bagaimana teknologi tersebut membantu berkembang sungguh menandai masa depan ekosistem cloud di Indonesia," tutur Synan.

Ia menambahkan, dengan layanan Google Cloud, pihaknya membantu perusahaan untuk bertransformasi dalam hal jaringan, mobilitas, keamanan, pengelolaan data, serta kemampuan untuk dapat terus menyediakan layanan dengan biaya yang rendah.

Saat ini, layanan cloud yang disediakan Google meliputi Google Suite (Gmail, Google Docs, Google Drive, dan Google Sheets) dan Google Cloud Platform (GCP).

Layanan Google Cloud pun tak sebatas dalam hal migrasi, tetapi juga dalam memadukan teknologi perusahaan dengan teknologi Google hingga menyediakan tim dukungan.

Beberapa perusahaan lokal yang kini telah mengadopsi Google Cloud di antaranya adalah BlackBerry Messenger (BBM), Go-Jek, Traveloka, serta perusahaan Asia yang kini melebarkan sayap di Indonesia Carousell.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.