Sukses

Video: Bikin Ngakak, ini Jawaban Kocak Siri dalam Bahasa Melayu

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual Apple untuk iOS, Siri, kini diklaim lebih cerdas dan proaktif. Bahkan, Siri sudah bisa merespons dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Melayu.

Penasaran dengan kemampuan Siri yang satu ini, Tekno Liputan6.com menjajal asisten virtual tersebut kepada beberapa jurnalis Liputan6.com.

Namun, karena Siri tidak bisa berbahasa Indonesia, kami bersikeras memberikan instruksi dalam bahasa Indonesia untuk melihat sejauh mana ia bisa merespons.

Hasilnya cukup mengejutkan, Siri ternyata tetap 'berusaha' untuk memberikan jawaban yang 'nyambung' dengan pertanyaan kami. Ini karena Siri pada sistem operasi iOS 11 diklaim memiliki kemampuan mempelajari kebiasaan pengguna.

Siri bahkan akan mengerti apa yang diminta pengguna sehari-hari secara kontekstual, entah itu pemesanan transportasi online, menjadwalkan pertemuan, mengirim pesan via aplikasi chatting dan masih banyak lagi.

Teknologi ini sebetulnya sudah hadir lebih dulu lewat Google Assistant, asisten digital besutan Google. Ia sudah bisa mengerti permintaan pengguna secara kontekstual dan mampu menjawabnya dengan kalimat yang lebih spesifik.

Nah, penasaran seperti apa reaksi Siri ketika ditanyakan dalam bahasa Indonesia? Yuk tonton lewat video di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Bisa Jadi DJ

Salah satu pembaruan yang paling jadi sorotan pada iOS 11 adalah versi baru Siri.

Siri lebih proaktif dan cerdas dalam merespons instruksi, khususnya dalam kategori musik. Ya, Apple mengklaim asisten virtualnya ini akan menjadi ‘DJ’ di iOS 11.

Jadi, menurut yang dilansir Business Insider, Apple memoles cara kerja Siri dengan sejumlah tool kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) terbaru untuk bisa memutar musik yang diminta pengguna. Tak cuma itu, Siri juga akan hadir dengan suara baru dan kemampuan menerjemahkan bahasa asing.

“Siri di iOS 11 akan dapat memutar musik favoritmu, dan bisa memutar playlist yang kamu inginkan. Menariknya, kamu bisa memintanya memutar musik sesuai mood, aktivitas, dan juga genre,” tulis Apple dalam pernyataan resminya.

Jika pengguna meminta Siri dengan ucapan “Hey Siri, coba putar musik yang chill”, maka Siri akan memutarkan musik dengan genre chill yang membuat nyaman pendengarnya. Pengguna pun bisa menanyakan Siri seputar kapan album musik tersebut dirilis.

Siri juga akan terintegrasi dengan aplikasi iMessage dan menawarkan syncing iCloud secara otomatis. 
Selain untuk iOS 11, Apple juga mengoptimalkan performa Siri untuk sistem operasi TV pintar dan smartwatch Apple, tvOS dan watchOS. Untuk itu, Siri akan memiliki konteks perintah suara yang lebih luas.

(Jek/Isk)

 

Artikel Selanjutnya
Beredar Video Prewedding Raisa - Hamish Daud, Publik Makin Baper
Artikel Selanjutnya
Rencana Hijrah ke Belanda, Tarra Budiman Ingin Buka Usaha Ini?