Sukses

Kamu Pasti Belum Tahu, Ini 5 Fitur Rahasia Gmail

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan email milikl Google yang bernama Gmail.

Jadi salah satu layanan email yang paling banyak digunakan di dunia, wajar bilamana banyak pengguna yang merasa 'ahli' dengan layanan Gmail ini. Nyatanya, Gmail memiliki berbagai fitur yang banyak tidak diketahui oleh pengguna setia sekalipun.

Apa saja fitur rahasia tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, Tekno Liputan6.com sajikan 5 fitur rahasia di Gmail yang wajib kamu ketahui.

1. Cara Urutkan Email

Lihat angka yang memperilhatkan jumlah inbox di dekat menu Settings? Ternyata, saat diklik, kamu bisa mengurutkan email dari yang paling lama hingga ke yang terbaru atau sebaliknya.

Cara Tampilkan Email Terlama Pertama. (Liputan6.com/ Yuslianson)

2. Prioritaskan Inbox Kamu

Di Gmail, kamu dapat melihat email yang masuk berdasarkan paling penting, belum dibaca, yang dibintangi, dan dibagi-bagi berdasarkan ketiga hal sebelumnya.

Prioritaskan Inbox. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bagaimana caranya? Cukup mudah, yang kamu perlu lakukan adalah geser kursor mouse ke kanan inbox di Gmail untuk memperlihatkan sebuah panah kecil.

Klik panah tersebut untuk memunculkan opsi tipe inbox, seperti Default, Important First, Unread First, dan Priority Inbox.

 

1 dari 3 halaman

3. Bikin Grup dari Kontak

Jika kamu sering kirim email ke banyak orang dalam waktu bersamaan, ada cara yang lebih mudah ketimbang harus mengetikkan seluruh alamat email penerima satu persatu.

Bikin Grup dari Kontak. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat grup. Yang perlu kamu lakukan cukup buat email seperti biasa, lalu klik kata "To" di awal kolom dan akan muncul jendela panel "Select Contacts".

Pilih siapa-siapa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam grup, lalu klik "Save as group", dan jangan lupa untuk memberi nama grup tersebut.

4. Tampilkan Hanya Email yang Belum Dibaca.

Ini merupakan salah satu cara yang sering dilupakan oleh banyak pengguna Gmail. Kamu dapat mencari email yang belum dibaca dengan mengetikkan "is: unread" di kolom pencarian. Cukup mudah bukan?

Tampilkan Unread email. (Liputan6.com/ Yuslianson)

2 dari 3 halaman

5. Cari Email Lawas

Seperti di atas, banyak pengguna email yang masih tidak mengetahui bagaimana caranya mencari email dengan tanggal, bulan, dan tahun yang spesifik. Google menghadirkan fitur tersebut dengan menggunakan tag "after:" dan "before:" di kolom pencarian.

Cari Email Lawas. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Ambil contoh bilamana kamu ingin mencari email sebelum atau sesudah 2015. Kamu bisa ketikkan "before:2015" di kolom pencarian, dan email sebelum tahun tersebut akan ditampilkan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara "older_than:" dan "newer_than:" untuk mencari email tertentu. Jika kamu memasukkan "older_than:2y" Gmail akan menampilkan email yang usianya lebih dari 2 tahun lalu.

Kamu bisa gunakan "m" untuk bulan, "d" untuk hari.

Selamat mencoba ya.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih
Artikel Selanjutnya
Cari Tahu Unfollower di Instagram Kamu dengan Cara Ini