Sukses

Telkomsel: Download Video 4GB Cuma 2 Menit dengan 4G TDD

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjadi pemenang lelang spektrum frekuensi 2.300MHz/2.3GHz, Telkomsel langsung menggeber layanan 4G LTE dengan teknologi Time Division Duplex (TDD).

Dengan teknologi ini, pengalaman internet 4G dari operator pelat merah ini diklaim lebih cepat, terutama untuk menjalankan aktivitas yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti streaming

Telkomsel pun melakukan uji coba untuk membandingkan kecepatan internet 4G dengan teknologi Frequency Division Duplex (FDD) di spektrum 1.800MHz dengan teknologi TDD di 2.300MHz. 

Dari hasil pengujian, sebagaimana dipaparkan VP Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna, kecepatan layanan 4G FDD di 1.800MHz saat peak thoughput mencapai 112Mbps. Sementara untuk TDD dengan menggabungkan 3 frekuensi sekaligus (3 carrier aggregation), kecepatannya tembus 280Mbps.

Dalam pengantaran jaringan internet rata-rata (average throughput), kecepatan dengan teknologi FDD mencapai 20Mbps dan TDD mencapai 50Mbps. Ia mencontohkan untuk mengunduh audio per 5MB hanya dibutuhkan 0,4 detik saja, sedangkan mengunduh audio di TDD mencapai 0,15 detik.

Lain lagi jika digunakan untuk mentransfer file, waktu yang dibutuhkan hanya 1,2 menit per 1GB dengan FDD, sedangkan TDD membutuhkan waktu 0,5 menit per 1GB.

Berdasarkan pengujian Telkomsel, mengunduh video HD dengan teknologi FDD membutuhkan waktu 5,4 menit per 4,5GB dan 2,1 menit per 4,5GB dengan teknologi TDD.

1 dari 2 halaman

Pengalaman Digital Lebih Baik

Sebelumnya Direktur Utama Ririek Adriansyah menyebutkan bahwa penggelaran jaringan 4G di 2.300MHz akan membawa pengalaman digital yang lebih baik kepada pelanggan. 

"Kami sudah uji coba di beberapa area, speed-nya lebih cepat. (Untuk mengakses) video jadi lebih smooth, nggak pakai muter-muter (buffering), sudah lancar mengakses video beresolusi tinggi. Ke depan, pengalaman internet akan lebih bagus lagi," kata Ririek saat menjelaskan tentang penerapan teknologi TDD 2.300GHz di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Demi penerapan teknologi TDD 2.300MHz, Telkomsel berencana membangun 500 BTS LTE TDD di akhir 2017 di Jabodetabek, Palembang, dan Bandung. Ririek memerkirakan, Telkomsel rampung membangun 500 BTS pertengahan Desember 2017.

Pelanggan bisa menikmati layanan 4G TDD 2.300MHz ini tanpa perlu mengganti kartu SIM. Asal perangkat yang dipakai sudah mendukung band frekuensi LTE TDD 2.300MHz dan berada di jangkauan jaringannya, pelanggan bisa menikmati layanan ini.

Saat ini sekitar 50 juta perangkat LTE berada di jaringan Telkomsel dan 85 persennya sudah mendukung jaringan TDD. Disebutkan pula, layanan internet ini mampu memberi layanan throughput dowlink yang lebih baik karena lebar bandwidth yang digunakan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali
Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop