Sukses

India-ASEAN ICT EXPO 2017 Akan Hadir di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti Indonesia, India merupakan salah satu mitra dagang terbesar di kawasan ASEAN. Kedua negara telah menunjukkan hubungan yang baik termasuk mendukung pertumbuhan bisnis. 

Perdagangan bilateral antara India dan Indonesia berhasil mencapai US$ 24,10 miliar pada 2015-2016. Karenanya, guna memperkuat hubungan antara India dan kawasan ASEAN, Telecom Equipment & Services Export Promotion Council (TEPC) akan menyelenggarakan ICT Expo 2017 India-Asean.

Ajang yang digelar pada 6 dan 7 Desember 2017 ini sudah mendapat dukungan dari Departemen Perhubungan dan Telekomunikasi Pemerintah India dan NASSCOM. Gelaran ini akan menjadi platform pertukaran bisnis antar wilayah.

Acara ini dapat membantu sebab memberikan peluang bagi para pelaku usaha melihat jalur kredit yang diumumkan pemerintah. Tak hanya itu, acara ini turut membantu perusahaan membangun basis bisnis yang kuat di pasar-pasar negara berkembang.

Adapun fokus dari acara ini adalah bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Bidang ini dipilih karena dianggap sebagai tulang punggung pertumbuhan suatu wilayah atau negara. 

Karenanya, acara ini akan mempertemukan lebih dari 100 perusahaan dari India dan kawasan ASEAN. Harapannya, acara ini dapat menarik lebih dari 2.000 pengunjung.

Menteri Komunikasi India, Manoj Sinha, akan datang langsung ke Indonesia untuk memimpin delegasi industri teknologi informasi India. Selain itu, 10 menteri ICT di kawasan ASEAN juga diundang oleh pemerintah India untuk hadir di India-ASEAN ICT Expo 2017.

1 dari 2 halaman

Memperkuat Ikatan Antara India dan Indonesia

Fokus India untuk memperkuat hubungan dengan ASEAN juga tak lepas dari hasil perubahan signifikan dalam skenario politik dan ekonomi dunia sejak awal 1990-an.

Di samping itu, India juga tengah menuju liberalisasi ekonomi. Pencarian India ini menghasilkan kebijakan 'Look East Policy' yang kini menjadi paduan.

Hubungan India dan ASEAN kini telah mencapai 25 tahun dalam hal kerja sama dialog, 15 tahun di bidang interaksi setingkat summit, dan 5 tahun untuk kerja sama strategis di 2017.

Tema dari peringatan perak kerja sama dialog India dan ASEAN adalah 'Shared Values, Common Destiny'. Topik ini dibuat untuk menandai peradaban dan kebudayaan antara India dan negara ASEAN yang telah berjalan sejak lama.

Selain itu, solusi dari industri TIK India dan memanfaatkan Government of India Line of Credit yang tersedia untuk konektivitas digital ASEAN, Indonesia dapat menjadi proyek pertama yang menyegarkan ikatan bersejarah antara dua negara.

Hal ini akan menjadi transformasi besar dalam kehidupan masyarakat yang tinggal di Indonesia sebagai negara kepulauan. Sebab, masyarakat tak hanya mendapatkan jaringan seluler, tapi juga e-education, e-health, Wi-Fi, dan e-governance.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Plug and Play Indonesia Temui Gubernur Djarot, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Rombongan Polri Raih Penghargaan Most Creative di Parade ASEAN