Sukses

Dua Tim eSports Indonesia Gagal Juarai Ajang GEXT 2017 SEA Finals

Liputan6.com, Jakarta - Ajang kompetisi olahraga elektronik (eSports) bertajuk GeForce eSports Xtreme Tournament (GEXT) Asia Tenggara yang berlangsung di Manila, Filipina, berakhir dengan sukses.

Gloria Activity Center, Makati, Manila, menjadi saksi bisu laga pamungkas dari serangkaian pertarungan antar tim Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Defense of the Ancients 2 (Dota 2) paling tangguh di Asia yang dimulai sejak Juni 2017.

Sekitar 1.300 tim eSports dari enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam bertarung sengit untuk memperebutkan supremasi gelar di kategori Dota 2 dan CS:GO.

Diketahui, ada sembilan tim berhasil melaju hingga babak final yang diselenggarakan di Glorietta Activity Center ini. 

Meski tidak berhasil mengangkat piala juara pertama, tim perwakilan Indonesia, TEAMnxl>, tidak menunjukkan kemampuan terbaiknya saat melawan Team Signature di babak final.

Dari awal pertandingan, tim yang dipimpin oleh Richard Permana ini sudah terdesak. Dan harus mengakui keunggulan tim asal Thailand tersebut.

TEAMnxl>, wakil Indonesia yang berhasil juara 2 di kategori  CS:GO pada turnamen GEXT 2017 SEA Finals. (Doc: Nvidia)

Di kategori Dota 2, di mana tim perwakilan Indonesia lainnya, Barol Gaming, harus berhadapan dengan salah satu tim favorit juara Next Gen asal Vietnam, Team Next Gen Aorus di babak semi final.

Walau awalnya tampak menjanjikan, Barol Gaming harus mengakui keunggulan tim asal Vietnam tersebut, dan berhasil meraih juara pertama setelah mengalahkan tim eSports tuan rumah, Skyville dengan skor 2-0.

Dengan begini, Team Signature dan Team Next Gen Aorus berhak memperoleh total hadiah sebesar US$ 10.000 atau setara dengan Rp 135 juta.

 

1 dari 2 halaman

Ketatnya Persaingan di GeForce eSports Xtreme Tournament

Turnamen GEXT yang diselenggarakan Nvidia tahun ini berlangsung seru dan penuh antusiasme. Selama lebih dari enam bulan, ada sekitar 1.300 tim dari enam negara yang ikut di dalam kompetisi untuk memperebutkan supremasi gelar tim terbaik di Asia untuk gim Dota 2 dan CS:GO.

Team Signature juara pertama di kategori CS:GO GEXT 2017 SEA Finasl. (Doc: Nvidia)

Sebelum digelar di Filipina, babak penyisihan per negara diselenggarakan di GeForce Certified iCafe yang terdapat di masing-masing negara peserta yang telah dilengkapi dengan gaming PC dan diperkuat dengan Nvidia GeForce GPUs.

Nvidia menyebutkan, diadakannya turnamen ini bertujuan untuk memberi peluang kepada atlet-atlet eSports yang tergabung di komunitas-komunitas gaming di kawasan regional.

“Sangat menakjubkan melihat antusiasme dari seluruh tim yang turut ambil bagian dalam turnamen GEXT. Nvidia merasa bangga bisa turut andil mendorong tumbuhnya eSports di kawasan regional ini," tulis Simon Tan, direktur consumer business di NVIDIA wilayah Asia Pasifik Selatan di dalam keterangan resminya, Kamis (30/11/2017).

Ia menambahkan, "Suksesnya penyelenggaraan turnamen ini menjadi bukti kemampuan GPU Nvidia seri GeForce GTX 10 yang mampu menghadirkan pengalaman gaming terunggul bagi para atlet eSports.”

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Target Timnas Kriket Tercapai di SEA Games, PCI Puas
Artikel Selanjutnya
PCI Puas Kriket Penuhi Target di SEA Games 2017