Sukses

7 Benda yang Bakal Usang di 2020 dan Tergantikan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi smartphone harus diakui telah berkembang begitu cepat. Sejumlah fungsi yang sebelumnya tak ada di sebuah ponsel nyatanya kini dapat dilakukan dalam sebuah smartphone.

Perkembangan ini secara tak langsung akan berpengaruh pula pada benda lain yang memiliki fungsi terpisah. Bukan tak mungkin, sejumlah benda itu akan musnah karena dianggap tak diperlukan lagi.

Lantas, benda apa saja yang diprediksi akan usang di masa depan? Berikut ini ada daftar tujuh barang yang tak lagi digunakan--setidaknya pada 2020--seperti dikutip dari Business Insider, Minggu (3/12/2017).

1. Kamera Digital

Salah satu benda yang diprediksi akan kehilangan fungsi adalah kamera digital saku. Alasannya, kamera smartphone saat ini memiliki kemampuan sangat bagus.

Beberapa di antaranya dapat mengambil gambar dan video berkualitas HD hingga 4K. Karenanya, lambat laun fungsi kamera digital saku kemungkinan besar akan ditinggalkan.

2. Hard Drive

Dalam waktu dekat, hard drive mungkin akan ditinggalkan. Sebab, saat ini era penyimpanan komputasi awan (cloud) sudah mulai berkembang.

Dengan demikian, seseorang tak perlu lagi membawa penyimpanan eksternal fisik saat membutuhkannya. Keunggulan lain adalah seluruh data tersebut dapat langsung diakses ke beragam perangkat, termasuk smartphone.

1 dari 3 halaman

3. Perangkat GPS

Fungsi lain yang tak kalah penting dari smartphone adalah kehadiran GPS. Berbekal fungsi ini, seseorang tak membutuhkan lagi perangkat GPS tersendiri untuk mengarahkan jalan.

Ilustrasi GPS untuk mudik (Liputan6.com/Sangaji)

Karena itu, perangkat ini akan mulai ditinggalkan para pengguna. Terlebih, saat memakai smartphone untuk mengarahkan jalan, pengguna masih dapat melakukan hal lain.

4. CD

Saat ini, penjualan musik fisik semakin berkurang. Di sisi lain, layanan streaming musik ternyata terus meningkat dan menarik lebih banyak peminat.

Apakah fitur hiburan berbasis keping CD dan radio akan hilang tergerus teknologi yang semakin canggih?

Hal ini tentu mendorong berkurangnya penggunaan benda fisik untuk mendengarkan musik. Seluruh kegiatan untuk mendengarkan musik dapat langsung dilakukan di smartphone

5. Kalkulator

Hampir seluruh seri smartphone yang ada saat ini sudah menyematkan fungsi kalkulator. Dengan cara ini, penggunaan benda yang hanya digunakan untuk satu fungsi saja, seperti kalkukator hampir dapat dipastikan akan dikurangi. 

2 dari 3 halaman

6. Jam Alarm

Tak perlu dijelaskan lagi, seluruh smartphone saat ini sudah dibekali fungsi jam alarm, stopwatch, bahkan timer

Aplikasi Good Morning Alarm Clock (sumber: androidheadlines.com)

Hal itu membuat fungsi jam alarm tak lagi dianggap membantu. Bukan tak mungkin, jam tangan analog juga mungkin akan mulai kehilangan tajinya di tengah gempuran smartphone.

7. Password

Password dengan kombinasi angka dan huruf tak luput dari tuntutan zaman. Kecanggihan smartphone yang memiliki kemampuan pemindaian biometrik disebut akan menjadi masa depan.

Dimulai dari pemindai sidik jari, sejumlah vendor kini sudah mulai mengembangkan teknologi pengenalan wajah di perangkatnya. Karenanya, bukan tak mungkin era password yang diketik akan segera hilang.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
Top 3: Smartphone Muncul di Lukisan Tua Bikin Geger