Sukses

Jelang Harbolnas, Lazada Perkuat Distribusi dan Berdayakan UKM

Selain menggelar sejumlah program seperti Online Revolution, Lazada menyiapkan strategi untuk menggenjot transaksi di Hari Belanja Nasional.

Liputan6.com, Medan - Menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 pada 12 Desember, Lazada melakukan sejumlah persiapan dan strategi khusus bagi seluruh penjualnya (seller) demi mengantisipasi lonjakan pemesanan produk. Untuk itu Lazada menjalin kemitraan strategis.

Diungkapkan Head of Digital Marketing Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, pihaknya bermitra dengan penyedia fasilitas logistik di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mempermudah akses distribusi dari dan ke Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Lazada juga tengah menggencarkan kinerja fasilitas gudang di Kota Medan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan distribusi tepat waktu dari seller kepada konsumen Lazada.

Selain itu, penyedia layanan marketplace ini turut menyelenggarakan lokakarya bagi komunitas Lazada Club Medan untuk memberdayakan UKM sekaligus mengantisipasi tingginya transaksi produk saat Harbolnas.

"Kami optimistis tahun ini menjadi tahun Harbolnas terbaik bagi seller dan konsumen Lazada, termasuk UKM. Dengan begitu, mereka bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan bisnis dan memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan," tutur Haikal kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (30/11/2017). 

Sebelumnya, Lazada sudah lebih dulu menggelar Online Revolution pada 11 November lalu dengan pencapaian memuaskan. Ini menjadi momen penting penanda dimulainya Online Revolution yang akan berlangsung hingga acara puncak di Harbolnas 2017. 

Dalam pencapaiannya, Lazada mengantongi kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hampir tujuh kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. "Ajang Online Revolution adalah 'fase pemanasan yang puncaknya berlangsung pada 12 Desember, dan khusus bagi Lazada hingga 14 Desember," tambah Haikal.

Demi memaksimalkan penjualan akhir tahun, Lazada juga menggelar program bertajuk Bulan Jualan Online Nasional (BUJONAS) selama Desember untuk mendorong lebih banyak seller bergabung secara online.

"Dengan semakin banyaknya pedagang online, semakin kaya pula pilihan barang untuk konsumen di seluruh Indonesia," terangnya.

 

Lazada Seller City Leader Medan, Syahrial Affandi menilai Online Revolution dan Harbolnas merupakan kesempatan bagi seller, termasuk pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan jumlah penjualan.

Saat ajangg 11.11 kemarin, ia mengaku ada peningkatan jumlah order berkali-kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Menurutnya, kunci keberhasilan terletak pada ketersediaan produk, penawaran harga yang menarik dan respon yang cepat atas pertanyaan konsumen.

"Jika konsumen puas mereka akan kembali berbelanja produk kita meskipun kampanye sudah usai," ungkapnya.

Perwakilan Top Seller Lazada Medan, Dewi Lestari, berbagi tips tentang kunci keberhasilan menyambut Harbolnas adalah dengan mempersiapkan tenaga kerja secukupnya agar mutu pelayanan tetap prima. Sebab, customer service adalah salah satu kriteria kunci keberhasilan sebuah usaha di ranah digital.

Diungkapkannya pula, penting bagi para seller untuk memiliki daya saing dalam setiap aspek bisnis, salah satunya adalah dalam pelayanan pelanggan yang terpadu dan berkelanjutan. Dengan inovasi terbaru ini, kini sistem di Lazada mampu menampung sebanyak 90 juta pesanan per hari.

"Lazada juga punya fasilitas Cash on Delivery (CoD) dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia dengan pembelian dan dengan jumlah serta nominal tertentu, sehingga pengalaman berbelanja online di Lazada semakin nyaman dan menyenangkan bagi seller maupun konsumen," tandas Dewi.

(Reza Efendi/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.