Sukses

Waze Kini Hadir dengan Navigasi Khusus Sepeda Motor

Liputan6.com, Jakarta - Waze baru saja mengumumkan kehadiran fitur anyar dalam layanannya. Aplikasi berbagi informasi lalu lintas itu baru saja menambahkan sepeda motor sebagai salah satu jenis kendaraan yang dapat digunakan.

Melalui penambahan ini, pengendara sepeda motor dapat mengetahui jalur lalu lintas yang lebih cepat dan aman untuk dilalui. Selain menikmati fitur standar Waze, pengguna sepeda motor juga dapat menemukan beberapa kemampuan tambahan. 

Salah satunya adalah informasi kondisi jalanan terbaru dari sesama pengendara sepeda motor. Pengguna juga dapat mengetahui perkiraan waktu tempuh yang berbeda dari kendaraan mobil sehingga hasilnya lebih akurat.

Tak hanya itu, informasi jalur alternatif yang mungkin tak dapat dilalui pengemudi mobil juga hadir dalam modus ini. Waze juga membenamkan perintah suara sehingga pengendara sepeda motor tak perlu menyentuh layar smartphone saat mengemudi.

"Penambahan jenis kendaraan sepeda motor pada sistem navigasi menjadi bentuk dukungan Waze untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih disesuaikan kebutuhan pengguna," ujar Waze dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (2/12/2017).

Tak hanya itu, penambahan tipe kendaraan ini juga dapat membantu Waze mengumpulkan data yang lebih akurat. Dengan demikian, pengemudi berbagai jenis kendaraan dapat merasakan manfaatnya.

1 dari 2 halaman

Mengaktifkan Modus Sepeda Motor di Waze

Untuk mengaktifkan navigasi khusus ini, pengguna dapat mengaksesnya dari menu 'Settings'. Setelah itu buka 'Vehicle type' dan pilih 'Motorcycles'.

Fitur navigasi sepeda motor di Waze ini sudah dapat dinikmati secara global sejak 29 November 2017. Fitur ini juga tersedia dalam semua bahasa, baik untuk sistem operasi iOS dan Android.

Sebelumnya, Waze juga telah menghadirkan fitur yang didesain khusus untuk memudahkan pengguna di ibu kota. Sebab, pengguna kini dapat mengetahui pembatasan lalu lintas dengan aturan ganjil genap.

Untuk mengaktifkan fitur ini Andri menjelaskan, pengguna Waze dapat masuk ke menu Setting > Navigasi > Licence plate restriction > lalu masukkan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna.

Setelah itu, lanjut dia, secara otomatis Waze akan me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Pembatasan Sepeda Motor, Efektif?
Artikel Selanjutnya
Motor Sport 250 Cc Terbaru Yamaha Dijual Rp 26 Jutaan