Sukses

Siapkan 10 Hal Ini Sebelum Beli Tiket Pesawat Murah via Online

Berikut sepuluh hal yang perlu disiapkan sebelum membeli tiket murah.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah, mulai dari mendatangi pameran yang menyediakan tiket pesawat promo atau berburu di situs travel online.

Saat harga penerbangan turun, konsumen mungkin akan membeli tiket secara impulsif, tanpa benar-benar memperhitungkan faktor-faktor lain yang berpengaruh dan berpotensi merusak rencana liburan mereka.

Karena itu situs pencari travel global Skyscanner telah mengumpulkan daftar sepuluh hal yang perlu disiapkan sebelum membeli tiket murah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Rencanakan waktu kepergian

Mengantongi tiket pesawat murah seringkali membuat kamu harus menempuh waktu perjalanan di tanggal yang belum direncanakan sebelumnya.

Periksa tanggal keberangkatan minimal tiga kali untuk memastikan bahwa kamu dapat berpergian di waktu tersebut, karena tiket pesawat promo biasanya tidak dapat dikembalikan.

Bila kamu tidak jeli memeriksa tanggal keberangkatan, besar kemungkinan kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang karena harus mengubah waktu kepergian setelah tiket dibeli.

Akan lebih baik bila kamu membeli tiket yang sedikit lebih mahal, namun memiliki syarat dan ketentuan yang lebih fleksibel.

2. Pilih hari yang tepat

Mungkin banyak dari kamu yang belum menyadarinya, tapi perbedaan satu hari saja dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada harga tiket pesawat.

Hindari bepergian di akhir pekan karena tiket pesawat cenderung lebih mahal dan bandara juga lebih penuh bila dibandingkan dengan hari biasa.

3. Bandingkan maskapai penerbangan secara online

Banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang menawarkan promosi pada periode tertentu, terutama pada rute yang populer seperti Jakarta atau Bali.

Periksa mesin pencari perjalanan online untuk membandingkan maskapai yang tersedia dan harga termurah yang mereka tawarkan. Terkadang, maskapai yang kurang populer dapat menawarkan harga yang lebih baik bagi wisatawan yang sadar anggaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Liburan

4. Pertimbangkan puncak masa liburan 

Perlu diingat bahwa bepergian selama puncak liburan seperti Natal atau Idul Fitri berarti kamu akan menghadapi suasana yang lebih ramai, terutama di magnet wisata Indonesia seperti Bali dan Lombok.

Pilihlah destinasi liburan yang belum terlalu terkenal agar liburan kamu bisa lebih berkesan.

Untuk menghindari kemacetan, cobalah mengunjungi Medan, Belitung, Labuan Bajo, Bandar Lampung, dan Manado.

Destinasi lokal ini cenderung lebih tenang dan sepi di musim liburan, namun tetap memiliki banyak peluang dan potensi pariwisata yang sedang naik daun di Indonesia.

5. Rencanakan jadwal liburan

Buatlah daftar berisi tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi di destinasi tujuan. Lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum berangkat agar kamu tidak melewatkan objek wisata terkenal hanya karena kurang perencanaan.

Penelitian kecil-kecilan ini juga akan menentukan panjangnya durasi masa inap kamu sebelum membeli tiket pesawat.

6. Persiapkan pilihan transportasi

Mendapatkan tiket pesawat bukan berarti perencanaan liburan kamu sudah selesai. Kamu juga harus memikirkan tentang opsi transportasi darat di destinasi tujuan. Hal ini terutama berlaku di tempat-tempat yang hanya memiliki pilihan transportasi umum terbatas.

Kamu bisa menghemat uang dengan memesan kendaraan antar-jemput bandara dan menyewa mobil terlebih dahulu. Pastikan kamu membandingkan setiap harga penyedia rental mobil di web untuk mencari opsi sesuai anggaran.

 

3 dari 4 halaman

Pilih Penginapan

7. Pesan penginapan

Jika liburan tidak direncanakan dengan baik, bisa-bisa aspek kenyamanan dan anggaran akan menjadi korban. Oleh karena itu lakukan riset dengan baik dan pesanlah akomodasi lebih awal untuk menghindari adanya kekecewaan dan keluhan.

Jika bepergian dalam grup, kamu bisa menghemat anggaran dengan memesan vila secara online dibandingkan dengan memesan kamar hotel untuk masing-masing orang. Ini juga akan membuat pengalaman liburan kamu lebih berkesan.

8. Asuransi perjalanan

Asuransi adalah salah satu aspek yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan wisatawan Indonesia. Jika kamu tidak ingin mengambil risiko dengan perencanaan kamu, pastikan untuk membeli asuransi perjalanan bersama dengan pembelian tiket pesawat murah.

Tentu saja, tidak ada yang menginginkan kejadian yang tak terduga menimpa kamu, namun kamu bisa memastikan semua diamankan oleh asuransi apabila penerbangan tiba-tiba dibatalkan atau bagasi kamu bermasalah.

 

4 dari 4 halaman

Cek Visa

9. Siapkan uang tunai

Tidak semua tempat menerima kartu kredit, apalagi di tempat tujuan wisata yang belum banyak dikenal. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengatur anggaran liburan dan mempersiapkan uang tunai yang cukup untuk keperluan makanan, belanja, serta transportasi Anda selama berlibur.

Selain itu, meminimalisir pengeluaran dari tiket pesawat dapat mempermudah Anda dalam mempersiapkan uang tunai. Untuk melakukannya, Anda dapat memanfaatkan fitur Info Harga dari Skyscanner dan memantau perubahan harga tiket pesawat.

10. Cek ulang kebutuhan visa

Pada poin ini kamu seharusnya sudah memeriksa persyaratan visa untuk destinasi. Untuk memastikan semuanya baik-baik saja, cobalah memeriksanya kembali.

Jangan lupa, bila penerbangan kamu singgah di suatu negara sebelum mencapai tujuan akhir, kamu mungkin membutuhkan visa transit.

Persyaratan untuk visa seringkali berubah dan saran terbaik adalah memeriksanya ke travel agent, penerbangan, serta kedutaan besar (atau website resmi mereka) secara rutin sebelum membeli tiket pesawat.

Ingatlah bahwa membawa surat-surat yang tepat sebelum bepergian adalah tanggung jawab pribadi dari setiap penumpang.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.