Sukses

Reuni Akbar 212 Jadi Trending Topic di Linimasa Twitter Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Peserta demonstrasi 2 Desember 2016 menggelar reuni aksi 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017).

Berpakaian serba putih, mereka yang sering disebut sebagai alumni 212 ini mulai memadati kawasan Monas. Selain meramaikan Monas dan Jakarta, di linimasa Twitter Indonesia, tagar ReuniAkbar212 pun menuncaki trending topic.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, tagar ReuniAkbar212 kian banyak dicuitkan. Pengguna Twitter pun mencuitkan beragam hal, misalnya saling menyemangati dan mendoakan.

Seperti dicuitkan akun @alfairu05 yang menuliskan, "Tetap semangat, saudara-saudaraku seiman. Allah bersama kita semua."

Sementara, pengguna dengan akun @Aminuddin001 mengingatkan agar energi Reuni Akbar 212 diarahkan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Ada juga pengguna Twitter yang menyebut, dirinya tidak ikut aksi Reuni Akbar 212 di Monas namun tetap senang melihat persaudaraan dalam reuni tersebut.

Selain yang mendukung, menyemangati, takjub, dan mendoakan, ada pula yang justru mempertanyakan reuni akbar 212 tersebut. Misalnya saja, pengguna @handoyo_92 yang bertanya-tanya berapa juta orang yang mengikuti aksi tersebut.

1 dari 2 halaman

Peserta Reuni 212 Nyanyikan Indonesia Raya

Sebelumnya, massa reuni 212 datang ke kawasan Monas. Disebutkan, peserta terdiri dari berbagai usia mulai dari anak muda, dewasa, orangtua, bahkan anak-anak turut serta memperingati setahunnya aksi 212. 

Mereka memulainya dengan berkumpul di Masjid Istiqlal, lalu salat subuh berjemaah, dan berkumpul di Monas. Pagi ini di Monas, mereka sempat menyanyikan lagu "Indonesia Raya" secara khidmat.

Tak hanya itu, lantunan ayat suci selawat juga menggema di kawasan Monas yang sudah mulai memutih oleh massa reuni aksi 212.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun hadir dan memberikan pesan kepada massa aksi yang hadir.

"Saudara-saudara, pagi hari ini areal Monas kembali dipenuhi jamaah. Saudara semua, republik ini adalah republik yang dibangun oleh perjuangan rakyat, yang dibangun lewat anak-anak yang dididik untuk jadi pejuang dan di tempat ini menjadi simbol bahwa ribuan, puluhan ribu bahkan ratusan ribu menghibahkan darahnya, nyawanya untuk tegaknya Republik Indonesia," ujar Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017).

Selain Anies, hadir pula Amien Rais, Presidium Alumni 212 Slamet Maarif, tokoh FPI Munarman dan Novel Bamukmin, dan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam Al Khaththath. Ada juga penyanyi religi Opick dan musikus Ahmad Dhani.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Warganet Komentari Pernikahan Raisa dan Hamish
Artikel Selanjutnya
Ucapan Idul Adha Ramaikan Medsos, Begini Cuitan Warganet