Sukses

Smartphone Samsung Bakal Dibekali Fitur Pemindai Telapak Tangan?

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh manusia memiliki beberapa bagian yang unik dan berbeda pada masing-masing orang. Misalnya saja sidik jari, iris mata, arikula telinga, hingga garis tangan.

Keunikan manusia itu tampaknya menarik minat perusahaan teknologi untuk menghadirkan beragam fitur keamanan baru. Yang sekarang sudah ada adalah fitur sidik jari, pengenalan wajah, hingga pengenal iris mata.

Tampaknya Samsung tidak begitu saja berpuas diri. Berdasarkan laporan terbaru yang Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Senin (4/12/2017), Samsung tampaknya mengembangkan metode biometrik baru, yakni pengenal telapak tangan.

Bedanya, telapak tangan sepertinya tidak akan dipakai untuk salah satu pembuka kunci smartphone, tetapi kemungkinan sebagai petunjuk password.

Baru-baru ini Samsung mengajukan paten terhadap fitur smartphone yang memungkinkan pemindaian garis tangan setelah gambar telapak tangan difoto melalui kamera.

Kemudian, saat pengguna lupa kata sandinya, mereka bisa mengambil foto dari galeri untuk memverifikasi identitas saat akan membuka telepon.

Jika smartphone mengenali garis tangan itu, perangkat akan menampilkan berbagai karakter yang digunakan dalam password. Dari situ, pengguna bisa memasukkan kata sandi mereka.

Sayangnya, tidak disebutkan kapan fitur keamanan ini diperkirakan hadir pada sebuah smartphone.

1 dari 2 halaman

Teknologi Pengganti Password

Selain garis pada telapak tangan, ada beberapa hal yang ditengarai akan menggantikan password di masa depan. Mengutip Business Insider, berikut adalah teknologi yang akan dipakai untuk menggantikan password

1. Detak Jantung

Detak jantung tiap manusia berbeda satu sama lain. Fakta ini membuat detak jantung bisa memverifikasi identitas seseorang melalui pendeteksi electrocardiogram (EKG) yang tepat.

Salah satu gadget yang sudah mengimplementasi ide ini adalah Nymi Band, sebuah wearable yang memonitor detak jantung pemakainya untuk melakukan autentikasi.

Dengan demikian, pengguna tak perlu mengetikkan password ke komputer, tetapi hanya dengan duduk di samping komputer menggunakan gelang Nymi. Komputer pun akan terbuka.

2. Pengenalan Suara

Saat ini, makin banyak perusahaan yang menggunakan perangkat lunak pengenalan suara sebagai alternatif untuk mengautentikasi pelanggan mereka. Hal ini diterapkan salah satunya oleh bank HSBC yang memungkinkan pelanggan login ke akun menggunakan pengenalan suara.

3. Pembaca Bibir 

Selain pembaca alias pengenalan wajah, tahukah kamu dengan pembaca bibir. Kabarnya, sebuah tim ilmuwan di Hong Kong Baptish University telah menciptakan software pemindai yang mampu membaca bagaimana seseorang mengucapkan kata-kata tertentu.

Bisa dibilang, metode ini sangat ampuh. Kendati ada orang yang mengetahui password kamu, tak akan berarti apa-apa jika tak dibarengi dengan si pengguna mengucap password tersebut.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Android One Perdana Xiaomi Melenggang dengan Kamera Ganda
Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang