Sukses

Apple Bakal Rilis iPad Versi Murah pada 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan tengah menggarap iPad berukuran 9,7 inci yang rencananya akan dirilis pada 2018. Tak main-main, kabarnya iPad tersebut bakal menjadi iPad yang paling murah di antara semua iPad yang dijual Apple.

Mengutip Softpedia, Senin (4/12/2017), iPad tersebut diinformasikan akan dijual dengan banderol US$ 259 atau setara Rp 3,5 jutaan.

Informasi ini pertama kalinya dilaporkan DigiTimes. Menurut laporan tersebut, perusahaan bermarkas di Cupertino itu berupaya untuk mempertahankan penjualan 10 juta unit tablet per kuartal.

Sekadar diketahui, berdasarkan laporan keuangan, penjualan iPad di kuartal keempat tahun 2017 tak begitu baik.

Oleh karenanya, langkah Apple membuat iPad dengan harga terjangkau dinilai sebagai strategi marketing baru untuk memenuhi target penjualan.

Kemungkinan, iPad 9,7 edisi 2018 akan dirilis pada kuartal kedua 2018. Tak disebutkan spesifikasi apa saja yang diusung iPad murah itu. Namun, kemungkinan akan menawarkan spesifikasi teknis yang lebih rendah dibandingkan model iPad 9,7 inci yang dirilis tahun ini.

Selain itu, disebut juga kemungkinan iPad murah ini juga hadir dengan iOS 12, sistem operasi Apple yang akan diperkenalkan pada konferensi pengembang Apple WWDC 2018.

Laporan DigiTimes juga menyebutkan, iPad tersebut akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur Compal Electronics.

1 dari 2 halaman

Penjualan iPad Merangkak

Sebelumnya, saat merilis laporan penjualan, tablet besutan Apple itu mampu terjual 11,4 juta unit dalam waktu tiga bulan terakhir. Total penjualan pun diklaim meningkat sebanyak 15 persen sejak kuartal kedua 2017.

Menariknya, penjualan iPad kali ini malah menaklukkan 'saudara' kecilnya, iPhone. Menurut laporan Engadget beberapa waktu lalu, penjualan iPhone tidak mengalami peningkatan signifikan, alias jalan di tempat.

Jika penjualan iPad meningkat 15 persen, penjualan iPhone nyatanya cuma loncat dua persen saja, meski total iPhone yang dijual tetap banyak, yaitu 41 juta unit.

Meningkatnya penjualan iPad juga tak lepas dari strategi Apple memahami animo pasar tablet yang terus menurun.

Sebagai strategi, perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, AS itu meluncurkan sejumlah varian iPad baru. Mulai dari iPad Pro--tablet layar besar yang dikhususkan untuk para ilustrator, hingga iPad 2017--tablet seharga Rp 4,3 yang tetap hadir dengan sejumlah fitur unggulan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?