Sukses

Smartphone Lipat Samsung Galaxy X Rilis 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Laporan tentang rencana Samsung untuk merilis smartphone yang bisa dilipat cukup sering menghiasi internet. Kali ini kembali muncul laporan baru mengenai hal tersebut.

Dilansir Phone Arena, Rabu (5/12/2017), Galaxy X diyakini akan menjadi smartphone lipat pertama Samsung. Menurut laporan terbaru smartphone tersebut kemungkinan akan dirilis pada tahun depan.

Sejumlah sumber dari kalangan industri layar menyebutkan Samsung Display telah berhasil mengembangkan panel yang dapat dilipat dengan kelengkungan 1.0R. Artinya, panel tersebut bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas.

Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu sendiri sudah memiliki berbagai paten teknologi yang berkaitan dengan smartphone lipat.

Pihak Samsung sampai saat ini belum memberikan konfirmasi terkait peluncuran Galaxy X. Namun jika merujuk para pernyataan Presiden Samsung, Ko Dong-jin pada September 2017, kemungkinan Galaxy X meluncur pada 2018.

Saat itu, Ko Dong-jin mengatakan bahwa Samsung berencana merilis sebuah smartphone lipat pada 2018, tapi ia tidak menyebutkan nama produknya.

 

1 dari 2 halaman

Ramai-ramai Lirik Smartphone Lipat

Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik dengan smartphone lipat. Banyak vendor lain yang juga sedang berusaha agar bisa merilis perangkat serupa termasuk Apple dan LG.

Kendati demikian, Samsung diprediksi akan menjadi perusahaan pertama yang merilis smartphone tersebut. Menurut laporan, Samsung sangat berusaha untuk bisa merilis Galaxy X pada tahun depan agar bisa menghambat LG membantu Apple merilis smartphone lipat pertamanya.

Apple dilaporkan telah mengajukan sebuah paten untuk iPhone lipat di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. LG Display akan menjadi perusahaan yang memasok panel lipat untuk smartphone Apple tersebut.

LG Display sendiri berencana bisa memiliki panel lipat pertamanya dengan kelengkungan 2.5R pada 2018, sedangkan kelengkungan 1.0R diperkirakan akan siap pada 2019.

Berdasarkan sejumlah laporan media Korea Selatan (Korsel), sumber di industri layar memperkirakan smartphone yang bisa dilipat baru bisa komersil pada dalam beberapa tahun ke depan.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Hambat iPhone 8, Samsung Luncurkan Galaxy S9 pada Januari 2018?