Sukses

Canggih, Kecerdasan Buatan Bisa Ciptakan Lagu Nina Bobo

Liputan6.com, San Francisco - Implementasi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) juga dimanfaatkan pada bidang kesehatan. Terkini, kecerdasan buatan bisa menciptakan alunan lagu Nina Bobo yang diklaim bisa membantu orang untuk tidur lebih cepat.

Menurut riset yang dilakukan perusahaan kesehatan AXA PPP, 54 persen dari masyarakat di London, Inggris mengaku kesulitan tidur di malam hari.

Bahkan, mereka sampai melakukan 40 kedipan mata agar bisa 'lelah' dan tertidur. Namun pada kenyataannya, upaya tersebut tak membuahkan hasil.

Untuk membantu permasalahan ini, AXA PPP akhirnya menciptakan lagu Nina Bobo yang dibekali kecerdasan buatan. Awalnya, mereka menciptakan dua lagu yang dibesut dua komposer.

Nada pertama dibuat oleh komposer Eddie McGuire, dan yang satunya lagi diciptakan oleh jaringan neural berbasis kecerdasan buatan.

Seperti dilansir Mirror, Selasa (5/12/2017), lagu Nina Bobo yang diciptakan oleh masing-masing komposer ini diperdengarkan ke beberapa orang.

1 dari 2 halaman

Lebih Mudah Tidur

Setelah mereka mendengarkan masing-masing lagu, Nina Bobo yang dibesut kecerdasan buatan justru lebih membantu mereka untuk tidur. Beberapa menit setelah mendengarkan lagu, mereka mengaku langsung mengantuk.

"Jaringan neural ini memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah susunan lagu baru. Ia bisa memilih nada sesuai pada lagu yang sudah diciptakan atau bahkan nada-nada baru," ujar Dr Mark Winwood, Director of Psychological Services for AXA PPP healthcare.

Dilanjutkan olehnya, lagu ini juga diciptakan dengan format detail yang membuatnya semakin enak didengar, seperti melodi, harmoni, ritme, dan struktur dari lagu yang dikomposisikan.

Dr Winwood mengklaim, lagu yang dikomposisikan kecerdasan buatan ini juga lebih membantu mengurangi aktivitas sistem nervous manusia, mengurangi kepanikan, tekanan darah, jantung, dan juga bisa menciptakan dampak positif saat tidur, seperti proses relaksasi otot.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cerita Unik di 5 Lagu Baru Maliq & D'Essentials
Artikel Selanjutnya
Jago Beatbox dan Acapella, Aksi Prajurit TNI Bikin Kagum