Sukses

Google Doodle Rayakan 50 Tahun Bahasa Coding Anak-Anak

Liputan6.com, Mountain View - Google Doodle hari ini, Senin (4/12/2017), menghadirkan animasi khusus dalam rangka merayakan 50 tahun Logo, bahasa coding (pemrograman) untuk anak-anak.

Pantauan Tekno Liputan6.com, saat pengguna mengakses mesin pencarian Google, laman akan menampilkan doodle dengan serangkaian animasi objek ala gim Minecraft dengan judul "Coding for Carrots".

 

Dalam mini gim ini, pengguna harus memainkan seekor kelinci kecil untuk mengumpulkan wortel di sepanjang permainan.

Maksud dari permainan Google Doodle ini tentu ingin mendemonstrasikan bagaimana cara kerja programming dengan kode-kode khusus bisa menciptakan sebuah aksi, seperti yang ada di dalam mini gim ini.

Menurut yang dilansir Mirror, Senin (4/12/2017), doodle tersebut dikembangkan oleh divisi Google Doodle, divisi Google Blockly, dan para peneliti dari Massachussets Institute of Technology (MIT).

Alasan Google menghadirkan doodle juga sebagai rangkaian dari kurikulum nasional Amerika Serikat 2017 yang menjadikan coding sebagai salah satu mata pelajaran utama.

 

1 dari 2 halaman

Dirancang Sejak 1967

Seperti diketahui, Logo dirancang oleh seorang peneliti MIT bernama Seymour Papert. Papert sendiri adalah 'pionir' bahasa coding untuk anak-anak dan ingin menjadikan coding sebagai salah satu cabang ilmu komputer.

Coding adalah bahasa pemrograman komputer yang digunakan di situs internet dan aplikasi smartphone.

Bahkan, pekerjaan yang berkaitan dengan coding seperti programmer, masuk dalam daftar tiga besar pekerjaan dengan bayaran tinggi di Amerika Serikat (AS).

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengintip Momen Manis Bos Facebook Bersama Buah Hati