Sukses

10 Prediksi Soal Mata Uang Digital Bitcoin

Liputan6.com, Jakarta - Investor teknologi dan venture capialist, James Altucher, menilai bitcoin akan terus mengalami perkembangan. Bitcoin dan cryptocurrency atau mata uang digital lain dinilai akan menggantikan uang kertas sebagai mata uang untuk bertransaksi.

Menurut Altucher, masyarakat telah membuat beberapa kali perubahan mata uang di dalam sejarah. Pertama emas menggantikan sistem barter sebagai alat transaksi, lalu uang kertas menggantikan emas sebagai alat penyimpanan nilai. Kemudian, bitcoin dan berbagai cryptocurrency lain akan menggantikan uang kertas sebagai alat transaksi.

Setiap tipe mata uang baru dinilai menjadi pemecahan masalah dari generasi sebelumnya. "Bitcoin dapat memecahkan masalah pencetakan uang yang tidak terbatas, pemalsuan, pembelanjaan ganda dan anonimitas," tuturnya. Altucher sendiri memiliki sejumlah crytocurrency yaitu bitcoin, ethereum, litecoin, zcash dan filecoin.

Merujuk pada ketidaseimbangan pada pasokan dan permintaan, Altucher memperkirakan nilai bitcoin bisa mencapai US$ 1.000.000 per koin.

Kendati demikian, pengusaha berusia 49 tahun ini memperingatkan 98 persen cryptocurrency adalah penipuan. Namun, bitcoin dan beberapa cryptocurrency lainnya akan tetap bertahan. "Ini adalah peralihan tektonik uang dan kekayaan yang akan kita lihat dalam hidup kita," kata Altucher.

Lebih lanjut, dikutip dari CNBC, Selasa (5/12/2017), Altucher memiliki 10 prediksi mengenai masa depan cryptocurrency termasuk bitcoin:

1. Setidaknya ada satu mata uang negara yang kemungkinan akan segera mengalami kegagalan, kemungkinan Argentina atau Venezuela. Hal ini akan memicu adopsi massal bitcoin di dalam populasi tersebut, sehingga membuat nilainya naik melebihi US$ 50 ribu.

2. Bank-bank mainstream akan menerima bitcoin, kemudian akan mulai menawarkan akses penyimpanan dan software. Mereka juga akan membuat berbagai turunan cryptocurrency.

3. Meski ada optimisme, kegagalan kemungkinan akan terjadi. Sebanyak 95 persen mata uang digital selain bitcon akan menghilang. Nilai mata uang yang masih bertahan akan meningkat dan hal ini akan terjadi dalam waktu empat sampai enam bulan mendatang.

 

1 dari 2 halaman

Prediksi Soal Mata Uang Digital Bitcoin

4. Pemerintah Amerika Serikat (AS) secara rahasia akan mulai mengakumulasi salah satu cryptocurrency untuk mempermudah transaksi di area abu-abu dengan negara-negara lain. Hal ini sudah mulai terjadi, tapi baru akan benar-benar meningkat pada 2018.

5. Tiongkok akan berinvestasi besar di dalam cryptocurrency lain, tapi kemungkinan bukan bitcoin. Tiongkok menginginkan sebuah cryptocurrency yang kompetitif dengan bitcoin, tapi yang bisa dikendalikan sepenuhnya.

6. Salah satu masalah terbesar dengan cryptocurrency saat ini adalah sering berubah-ubah. Setidaknya basecoin kemungkinan akan berkurang secara dramatis pada 2018.

7. Akan lebih banyak perusahaan membayar freelancer dengan mata uang digital tersebut, yang akhirnya memicu seruan untuk reformasi pajak.

8. Sama seperti cara internet mengubah monopoli industri ponsel, mata uang digital akan mengubah monopoli uang yang dilakukan pemerintah.

9. Sebuah organisasi pemerintah baru akan dibuat untuk menganalisa regulasi cryptocurrency.

10. Ribuan perusahaan cryptocurrency akan lahir dan melantai di bursa. Namun, hanya sedikit yang meraup sukses besar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
BI Larang Penggesekan Ganda dalam Transaksi Nontunai
Artikel Selanjutnya
Kini Beli Burger Bisa Pakai Mata Uang Virtual