Sukses

Pengapalan AirPods Diprediksi Tembus 28 Juta Unit 2018

Analis Ming-Chi Kuo, memperkirakan pengapalan AirPods diprediksi bisa mencapai 28 juta unit pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari pro kontra kehadiran AirPods, nyatanya aksesoris ini tetap berhasil memikat banyak perhatian konsumen. Airbud Bluetooth ini diprediksi akan semakin laris manis pada tahun depan.

Dilansir Cnet, Rabu (6/12/2017), analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, memperkirakan pengapalan AirPods akan mencapai sekira 26-28 juta unit pada tahun depan. Jika terbukti, maka penjualan AirPods akan mengalami peningkatan dua kali lipat year over year.

Apple pertama kali mengumumkan AirPods pada 2016 bersamaan dengan iPhone 7 dan 7 Plus. Seri iPhone 7 sekaligus menandai keputusan Apple untuk tidak lagi menggunakan headphone jack.

Perjalanan AirPods sendiri bukan tanda kendala. Ada sejumlah orang yang menyayangkan keputusan Apple tidak lagi menggunakan headphone jack, tapi di sisi lain kehadiran AirPods juga mendapatkan banyak pujian dari para konsumen.

Pada awal peluncurannya, AirPods mengalami beberapa kali penundaan sampai pertengahan Desember 2016. Tak hanya itu, Apple juga masih harus berjuang memenuhi permintaan karena suplai produk yang masih terbatas.

Seiring waktu, pengapalan AirPods mulai berjalan lancar ketika memasuki Agustus 2017. Estimasi waktu pengapalan AirPods di Apple Store menjadi lebih singkat, dari yang awalnya konsumen harus menunggu sampai enam pekan menjadi empat pekan. Kini waktu pengapalannya hanya membutuhkan beberapa hari.

Menurut Kuo, waktu pengapalan yang lebih cepat itu disebabkan Apple menambah jumlah perakit AirPods. Hal ini membuat pengapalan AirPods menjadi lebih baik termasuk pada tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AirPods Makin Populer

Kehadiran AirPods kini dinilai terasa lebih relevan. Pasalnya, Apple kini telah memiliki lima varian iPhone tanpa headphone jack yaitu iPhone 7, 7 Plus, 8, 8 Plus dan X, sehingga AirPods terasa lebih berguna. Namun, AirPod sendiri tetap bisa digunakan di seri iPhone berasis iOS 10 atau terbaru termasuk iPhone 6, 6s dan iPhone 5.

Apple pun terus berusaha memberikan kualitas yang lebih baik untuk earbud wireless tersebut. Apple dilaporkan berencana merilis wireless charging case baru untuk AirPod.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Apple mengenai peluncuran produk terbarunya itu. Charging case tersebut telah diumumkan pada September 2017 bersamaan dengan wireless charging mat AirPower, tapi Apple belum memberikan informasi mengenai tanggal peluncurannya di pasar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.