Sukses

5 Gejala Ini Tanda Kamu Harus Setop Main Smartphone

Ada berbagai gejala yang menandai kamu harus segera berhenti main smartphone, berikut adalah lima di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kini jadi salah satu kebutuhan pokok yang tak boleh ketinggalan kemanapun seseorang pergi. Kehadirannya diperlukan baik untuk mendukung pekerjaan, berkomunikasi dengan orang terdekat, hingga untuk hiburan.

Kendati begitu, menggunakan smartphone secara berlebihan juga tidak baik. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatika, jika kamu mengalaminya ini berarti tanda kamu perlu berhenti main smartphone. Apa saja?

1. Sakit Punggung dan Leher

Berdasarkan hasil riset The British Chiropractic Associations Inggris, kebanyakan orang menunduk saat menatap layar smartphone selama 8-10 jam per hari. Hal ini tentu sangat berlebihan dan berdampak buruk, misalnya saja bagian leher dan punggung akan pegal dan sakit.

Ilustrasi: Sakit punggung (Foto: theptdoctor.com)

2. Susah Tidur

Siapa yang biasa menatap layar smartphone sebelum tidur? Bukannya bikin mengantuk, memainkan smartphone sebelum tidur justru membuat susah tidur.

Hal tersebut disebabkan karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone menekan pelepasan melatonin. Padahal, melatonin berfungsi untuk membantu proses tidur.

Tak heran kalau main smartphone sebelum tidur malah membuat seseorang susah tidur. Untuk itu, kamu perlu berhenti main smartphone bila sudah mengalami gejala susah tidur. 

Ilustrasi: Susah tidur karena main smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jari Tangan Nyeri

3. Jari Tangan Nyeri

Pernahkah kamu mengetik atau memegang smartphone sampai jari pegal dan nyeri? Jika ya, ada kemungkinan kamu mengalami tendinitis alias peradangan urat pada pergelangan jari.

Dampak terburuknya, kamu bisa mengalami mati rasa hingga kerusakan otot tangan. Untuk itu, saat jari tangan mulai nyeri waktu memegang smartphone, sebaiknya kamu meletakkan perangkat pintar tersebut dan mulai istirahat.

Ilustrasi: Main Smartphone

4. Mata dan Kepala Sakit

Seperti menonton TV kelamaan, menatap layar smartphone terlalu lama juga bisa membuat mata dan kepala sakit.

Nah, semakin sering bermain smartphone dengan jarak terlalu dekat dengan mata, saat kondisi ruangan gelap, juga berakibat buruk pada penglihatan hingga sakit kepala. Oleh karenanya, saat mengalami gejala ini, kamu perlu menghentikan aktivitas main smartphone.

Ilustrasi: Sakit Kepala

3 dari 3 halaman

Takut Jauh dari Smartphone

5. Takut Jauh dari Smartphone

Terus menerus menggenggam smartphone setiap saat? Hati-hati, ada beberapa efek buruk yang dapat membuat Anda kecanduan smartphone. (Foto: Istockphoto)

Apakah kamu mengalami rasa cemas, berkeringat, mual, serta gemetaran saat jauh dari smartphone? Jika iya, mungkin kamu sudah kecanduan akut pada smartphone atau biasa disebut nomophobia (no-mobile phone-phobia).

Kamu perlu mengurangi bermain smartphone jika sudah mengalami tanda-tanda di atas. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.